oleh

Sidak Komisi IV, Sarpras RSUD Ryacudu Kotabumi Memperihatinkan

Lampung Utara (RL) : Menindak lanjuti keluhan yang disampaikan masyarakat Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Utara melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HM Ryacudu Kotabumi, alhasil ditemukan kondisi sarana dan prasaranan sangat memperihatinkan.

Disampaikan Arnol Alam, SH, Ketua Komisi IV DPRD Lampung Utara setelah sidak di RSUD HM Ryacudu Kotabumi yang dilakukannya bersama Wansori, Hj, Dewi Murni, Ibu Hajar dan Hendra Setiadi itu pada, Kamis (21/10/2021).

Menurut Arnol Alam, dari hasil sidak yang dilakukan bersama jajarannya itu didapati banyak faktor yang mengakibatkan menurunnya minak masyarakat untuk berobat di rumah sakit pemerintah tersebut.

“Menindak lanjut keluhan masyarakat berkenaan dengan pelayanan di rumah sakit umum yang kurang maksimal,” ujar Arnol Alam.

Lebih lanjut, diungkapkannya, setelah para wakil rakyat dari Komisi IV DPRD Lampung Utara turun ke lokasi (RSU Ryacudu Kotabumi) memang benar, dan memang apa adanya yang telah disampaikan oleh masyarakat.

“Karena sarana dan prasarananya memang sudah sangat memperihatinkan, ditambah lagi dengan pengadaan obatnya memang sudah sangat terbatas, jadi disimpulkan, disinilah ke engganan masyarakat untuk berobat ke Rumah Sakit Umum Ryacudu,” kata Arnol Alam.

Selain itu, lanjutnya, pada saat mereka sidak tersebut juga mendapati sejumlah ruangan panas semua karena ac di rumah sakit itu sudah pada rusak. “Belum lagi sarana-sarana lainnya yang tidak mendukung, ditambah lagi obat-obatannya terbatas sehingga masyarakat menebus sendiri di luar,” paparnya, seraya mengatakan, “Seperti pada ruang IGD yang kondisinya sangat-sangat memerihatinkan sekali, kalau dilihat bangkai ac-nya memang ada lima, tapi pada tidak berpungsi,” ujarnya.

Dalam menyikapi temuan-temuan tersebut, Arnol Alam mengatakan, pihaknya akan mengundang pihak rumah sakit untuk menindak lanjuti hasil sidak yang dilaksanakan anggota DPRD setempat pada hari ini.

Diungkapkannya juga, bahwa pada APBD Perubahan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah mengalokasikan sekitar Rp3,5 miliar untuk menanggulangi kelangkaan obat-obatan dan kendala lainnya. Untuk itu politisi Partai Golkar ini meminta manajemen rumah sakit untuk terus berbenah dan meningkatkan pelayanannya dengan baik. Sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat.

“Kita selaku Komisi IV DPRD juga tadi melihat pengelolaan Parkir yang tidak sesuai dan diduga dapat mengakibatkan kebocoran-kebocoran, intinya kami siap duduk bersama mencari solusi terbaik untuk Rumah Sakit Umum HM Riyacudu Kotabumi kedepan dan kami selalu menampung jika ada keluhan-keluhan masyarakat,” ujar Arnol Alam.

Diketahui Ketua Komisi IV DPRD Lampung Utara, Hi. Arnol Alam, SH, dalam sidak itu turun bersama Wansori, Hj. Dewi Murni, Hi. Ibnu Jajar, Hi. Hendra Setiadi, dan kedatangan mereka disambut para pejabat Rumah Sakit Umum dan didampingi para staf  masing-masing ruangan. Sidak itu dilakukan mulai dari ruangan IGD, ruang informasi dan pendaftaran, ruang kelas I, II dan III hingga VIP dan sejumlah bangunan dan fasilitas lain yang ada di RSUD tersebut. Tidak hanya itu para wakil rakyat ini juga langsung mendengarkan keluhan dari para pasien yang tengah rawat dan para pegawai di rumah sakit setempat. (IN/RD)

Komentar

Realita Lampung