oleh

Pola Kemitraan, Dinas Perikanan Bina Kelompok Tani Ikan

Lampung Utara (RL) : Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara dalam upaya meningkatkan penghasilan masyarakat melakukan pembinaan kelompok tani ikan.

Kepala Dinas Perikanan Lampung Utara, Sanny Lumi didampingi Dofi Wancheha ketika turun ke lokasi kelompok-kelompok tani ikan bersama dengan tim dari pihak ketiga yang akan mensupport bibit dan pakan ikan pada, Senin 25 Oktober 2021.

“Tujuan dengan turunnya kita bersama tim yang siap mensupport bibit, pakan dan pembelian ikan yang dihasilkan petani ikan ini agar merangsang minat masyarakat lain,” kata Sanny Lumi.

Pola kemitraan ini, lanjutnya, guna merangsang dan meningkatkan perekonomian masyarakat Lampung Utara di bidang perikanan.

Seperti yang kita lakukan hari ini respon masyarakat sangat baik dan pihak ketiga juga merasa bersemangat karena melihat lahan yang tersedia di wilayah Kabupaten Lampung Utara sangat berpotensi untuk dikembangkan di perikanan.

Sebagaimana disampaikannya, Eka bersama Rico dan Aviy dari pihak perusahaan global atau team pakan de heus yang akan mensuppprt bibit dan pakan ketika meninjau lokasi perikanan masyrakat di Desa Bandar Abung, Kecamatan Abung Surakarta, Lampung Utara.

Pada lokasi yang telah mereka lihat tersebut sudah bisa ditebar bibit ikan lebih dari 140 ribu dan pakan diperkirakan 50-60 ton di wilayah setempat.

“Di lokasi ini saja sudah bisa ditebar bibit, bisa 100 ribu, dan pakannya bisa 30 ton,” kata Eka.

Setelah nantinya berjalan, pihak penyedian bibit dan pakan itu juga menyatakan pihaknya bisa menjamin mampu mengeluarkan 3-4 ton permalamnya dari hasil panen masyarakat di wilayah tersebit. Karena posisi sekarang kita mengeluarkan ikam bisa mencapai 5 ton, lanjutnya.

Di kolam sebelumnya, sudah bisa dipastikan untuk bisa mulai di isi 15 ribu bibit dan pakannya sekitar 3 ton, sambung Eka, dan pada kolam berikutnya bisa di isi bibit sebanyak 5000 bibit, ujarnya.

Sementara itu perwakilan petani ikan, menyampaikan bahwa di daerah tersebut terkendala masalah penjualan dan diharapkan bila kerjasama itu berjalan pihak penyedia juga bisa membeli hasil panen mereka.

Pada prinsipnya kami ini siap lahan, dan butuh bibit dan pakan, selain itu untuk keluarnya ikan-ikan ini. Penjualan, karena itu kendala selama ini yang kita hadapi,” kata Joni Saputra. (IN/RD)

Komentar

Realita Lampung