oleh

Memanfaatkan Lahan, Masyarakat Pengaringan Melirik Usaha Ikan

Lampung Utara : Masyarakat Desa Pengaringan, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara mulai melirik usaha budi daya ikan dan langsung minta Kepala Dinas Perikanan meninjau lokasi lahan yang telah mereka persiapkan.

Sebagaimana dikatakan, Sarkasi salah seorang masyarakat setempat bahwa warga Desa Pengaringan saat ini sudah mulai memanfaatkan lahan mereka yang memiliki potensi aliran air untuk dijadikan lahan budi daya ikan.

“Lumayan luas lahan yang bisa digunakan untuk peningkatan penghasilan masyarakat jika dipungsikan untuk budi daya ikan, dan sekarang sudah mulai menyiapkan lahannya, sudah bisa dilihat sendiri lahan yang sudah mulai digarap untuk dijadikan kolam,” ujar Sarkasi.

Kepada Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi setelah melakukan peninjauan pada lokasi lahan milik warga desa setempat, Rabu 27 Oktober 2021.

Lebih lanjut disampaikannya, setelah lahan mereka siap dalam bentuk kolam yang akan dijadikan tempat budi daya ikan tersebut, masyarakat berharap melalui Dinas Perikanan bisa menjadi motor penggerak dan pemberi motivasi mereka dalam upaya meningkatkan penghasilan.

Merespon itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi mengatakan, dirinya akan menyampaikan kepada investor yang sebelumnya telah meninjau beberapa lokasi perikanan di wilayah Kabupaten Lampung Utara yang siap mensupport modal baik untuk biaya pakan dan bibit ikan di daerah setempat.

“Saya akan sampaikan dengan mereka dan mudah-mudah bisa terjalinnya kerjasama dalam bentuk kemitraan di desa ini, karena sebelumnya juga mereka (pihak perusahaan) senang melihat lahan perikanan yang ada di Kabupaten Lampung Utara,” kata Sanny Lumi.

Pada pertemuan itu juga, Sanny Lumi menyampaikan agar masyarakat di Desa Pengaringan bisa segera membentuk kelompok tani ikan, karena untuk terjalinnya sistem kemitraan dengan pihak perusahaan tersebut diperlukannya registrasi dari Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas Perikanan.

Setelah diregistrasinya kelompok-kelompok tani ikan di daerah itu baru pihak penyedia merespon untuk memberikan modal baik itu biaya pakan dan bibit ikannya.

Dilihat dari lahan yang mulai digarap oleh masyarakat di wilayah aliran Way Abung ini, ujar Sanny Lumi memang sangat mendukung untuk dimanfaatkan menjadi lahan perikanan. Karena sumber air yang menjadi modal utama disektor perikanan di daerah ini bisa dibilang melimpah, ungkapnya. (IN/RD)

Komentar

Realita Lampung