oleh

Pilkades Serentak, 86 Calon Kades dari 14 Desa Ikuti Seleksi Tertulis

Lampung Utara (RL) : Tahapan menyongsong pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) seretak tahun 2021 di Kabupaten Lampung Utara sudah sampai pada seleksi tertulis untuk Bakal Calon Kepala Desa lebih dari lima orang.

Pelaksanaan seleksi tertulis untuk Bakal Calon Kepala Desa lebih dari lima orang ini dilakukan oleh panitia yang melibatkan tim dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lampung Utara dan Universitas Muhammadiyah Kotabumi atau UMKO berlangsung, Jum’at 29 Oktober 2021.

Sebagaimana dikatakan, Abdurahman Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lampung Utara dalam pelaksanaan seleksi bakal colon kepala desa yang lebih lima orang tersebut dilakukan pihaknya bersama MUI dan UMKO. Ini dilakukan guna memajukan dan kemajuan yang melibatkan unsur terkait dalam tahapan Pilkades seretak di kabupaten setempat, ujarnya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Lampung Utara, Ismirham Adi Saputra menambahkan, untuk pelaksanaan seleksi tertulis untuk bakal calon kepala desa lebih dari lima orang ini sudah dilaksanakan, dan untuk penetapan calon untuk masing-masing desanya akan dilaksanakan pada 3 November 2021.

Sedangkan untuk waktu pengumuman calon kepala desa yang telah ditetapkan dan untuk pengundian nomor urut calon akan dilakukan pada 5 November 2021.

Selanjutnya, masuk pada tahapan validasi dan pemutahiran daftar pemilih, penetapan dan pengumuman data pemilih sementara, perbaikan data pemilih sementara dan pencatatan data pemilih tambahan serta penetapan data pemilih tetap pada 5-15 November 2021.

Rinciannya untuk DPS pada tanggal 16-18 November 2021, DP Tambahan, 19-22 November 2021, dan DPT pada 23-24 November 2021. Untuk masa kampanye diagendakan pada, 25-29 November 2021, ini dilaksanakan selama tiga hari. Kemudian deklararsi damai di desa atau kecamatan pada 30 November 2021 hingga 2 Desember 2021. Masa tenang, 3-7 Desember 2021, dan hari H pemilihan tanggal 8 Desember 2021, jelasnya.

Dijelaskan, Ngadiman setelah kegiatan seleksi tertulis untuk Bakal Calon Kepala Desa lebih dari lima orang yang dilangsungkan pada hari ini terhadap 14 desa dari 11 kecamatan di Kabupaten setempat.

Masing-masing di Kecamatan Abung Tinggi dilakukan pada Desa Ulak Rengas yang diikuti oleh 6 orang calon. Begitu juga di Desa Suka Marga yang calonnya ada 6 calon, dan Desa Kebun Dalam juga calonnya ada 6 orang.

Selain itu, peserta kegiatan seleksi yang dilakukan hari ini, itu dari Kecamatan Abung Timur, Desa Papan Rejo jumlah calonnya juga 6 orang, kemudian di Kecamatan Kotabumi Selatan, Desa Curup Guruh Kagungan ada 7 orang calon, Kecamatan Abung Surakarta, Desa Karya Sakti 6 orang calon.

Selanjutnya di Kecamatan Tanjung Raja, Desa Sri Menanti ada 6 calon, Desa Kemala Raja 6 calon, di Kecamatan Abung Tengah Desa Subik 6 calon, Kecamatan Abung Barat, Desa Cahaya Negeri 6 calon. Kecamatan Abung Pekurun Desa Pekurun Tengah 6 calon, Kecamatan Bukit Kemuning Desa Muara Aman 6 calon.

Kemudian di Kecamata Abung Semuli Desa Suka Maju 7 calon. Kecamatan Blambangan Pagar Desa Jagang 6 calon. Pelaksanaannya dilakukan tiga sesi atau dibuat tiga kelas karena mengacu pada protokol kesehatan, ujar Ngadiman. (IN/RD)

Komentar

Realita Lampung