oleh

JKN-KIS Solusi Pembiayaan Persalinan Istri Mugianto

Lampung Utara (RL) : Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi berkah tersendiri bagi Mugianto (36), warga Dusun 12 Taman Sari, Desa Mulang Maya, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Berkah ini karena dirinya (Mugianto) yang hanya bekerja sebagai pekerja harian lepas ini sangat terbantu saat persalinan sang istri berkat JKN-KIS.

Mugianto bercerita pengalamannya pada tahun 2018 lalu, Mugianto adalah pekerja harian lepas (buruh) selalu mengantar sang istri untuk menjalani pemeriksaan kehamilan anak pertama nya di Puskesmas Kotabumi II. 

Setelah melalui pemeriksaan kehamilan menjelang Hari Perkiraan Lahir, diketahui bahwa sang istri harus menjalani persalinan melalui operasi caesar. Tentu hal tersebut membuat Mugianto merasa sangat kebingungan karena informasi yang pernah ia dapatkan, untuk operasi caesar memerlukan biaya yang tidak sedikit.

“Saat itu juga, saya langsung bertanya kepada bidan yang bekerja di Puskesmas Kotabumi II, apakah operasi caesar istri saya ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan atau tidak. Dan pada saat itu juga, saya merasa sangat lega. Persalinan istri dapat dijamin oleh JKN-KIS, menurut saya ini solusi terhadap pembiayaan persalinan istri saya,” tutur Mugianto.

Mugianto sangat menjaga kondisi fisik istrinya Hal ini dilakukan karena ia sudah tidak sabar untuk menantikan kehadiran anak pertamanya yang telah didambakannya bersama dengan Titin istri mugianto, anak pertamanya lahir dengan selamat melalui operasi caesar di RSU Handayani Mugianto sangat bersyukur, berkat Program JKN-KIS, istrinya bisa melakukan persalinan tanpa mengeluarkan biaya besar dan tanpa kendala apapun.

Jika saja istrinya tidak terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS, tentu ia pasti akan sangat kebingungan untuk membiayai persalinan istrinya melalui operasi Caesar.

Kini di tahun 2021, Mugianto sedang menantikan kelahiran anak ke duanya yang diperkirakan akan lahir pada bulan November 2021. Mengingat persalinan anaknya yang pertama melalui operasi Caesar, besar kemungkinan persalinan anaknya yang kedua ini juga melalui operasi Caesar.

“Saya merupakan satu dari sekian banyak masyarakat yang sangat terbantu oleh program JKN-KIS. Dengan program ini, kami sebagai masyarakat yang belum memiliki cukup biaya tidak perlu pusing memikirkan biaya operasi, mengingat semua biaya telah dijamin oleh BPJS Kesehatan asalkan sesuai dengan indikasi medis. Saya juga berharap, Program JKN-KIS dapat terus berlangsung sehingga masyarakat luas dapat merasakan besarnya manfaat menjadi peserta JKN,” tutup Mugianto.(Budi Irawan)

Komentar

Realita Lampung