oleh

Pilkakam di Lamteng Belum Ditetapkan, Sejumlah Bakal Calon Mulai Sosialisasi

Lampung Tengah (RL) : Gelaran Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak di Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2022, belum ditetapkan waktu pelaksanaannya. Tetapi sejumlah bakal calon Kepala Kampung (Kakam) sudah mulai bersosialisasi.

Kepala Bidang Pemerintahan Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Lampung Tengah Purwanto mengungkapkan, total ada 84 Kakam yang habis masa jabatannya di tahun 2022.

Khusus masa jabatan yang akan habis di Tahun 2022 sebanyak 70 Kakam. Sedangkan yang masa jabatannya sudah habis di Tahun 2020 lalu sebanyak 14 Kakam.

“Untuk tahun 2021 ini tidak ada masa jabatan Kakam yang habis,^ ujarnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at kemarin.

Dijelaskan Purwanto, pelaksanaan Pilkakam sudah masuk dalam rencana kegiatan Tahun 2022. Usulan itu sudah diajukan sejak tahun 2021 ini. Direncanakan Tahun 2022 Pilkakam akan digelar serentak di 84 Kampung.

Purwanto melanjutkan, sampai saat ini pelaksanaan Pilkakam belum ditetapkan waktunya. Karena terkait dengan regulasi yang harus dipersiapkan dulu, baik Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati.

Termasuk juga anggaran untuk menggelar kegiatan Pilkakam yang masih digodok oleh DPRD Kabupaten Lampung Tengah.

Kendati Pilkakam belum ditetapkan waktu pelaksanaannya, sejumlah bakal calon Kepala Kampung (Kakam) mulai tampil dengan memasang sejumlah spanduk sebagai media sosialisasi.

Abu Bakar Sodik, Warga Kampung Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar, sudah memajang sejumlah spanduk bergambar dirinya dibeberapa lokasi strategis di Kampung Poncowati.

Di spanduk tersebut, memang tidak ada kalimat yang menerangkan bahwa dia sebagai bakal calon Kakam. Tapi slogan “Dari Rakyat Kembali Ke Rakyat Siap Mengabdi Untuk Rakyat” seperti isyarat yang lazim dalam dunia politik.

Saat dihubungi melalui sambungan telpon Sabtu (20/11/2021), Abu Bakar Sodik tidak mengangkat panggilan wartawan. Ketika di kirim pesan singkat via whats App, Abu Bakar Sodik menolak menemui awak media. Dia beralasan belum siap diwawancarai.

Ditempat terpisah, warga Dusun 4 Kampung Terbanggi Besar Tabrani lebih terbuka menyatakan sebagai bakal calon Kepala Kampung Terbanggi Besar. Spanduk dengan foto dirinya yang dipajang di banyak lokasi menyebutkan demikian.

Ditemui di rumah kerabatnya, Tabrani mengatakan sudah memasang spanduk sejak 3 bulan lalu. Total spanduk yang terpasang sebanyak 70 buah.

Dia mengakui, sudah mempunyai strategi khusus untuk memenangkan Pemilihan kepala Kampung Terbanggi Besar tahun mendatang.

Ditanya persiapan yang sudah dilakukan menjelang Pilkakam Tabrani menjawab, dia terus bersosialisasi ke masayarakat. Dan berdialog membahas rencana kedepan.

Tabrani berharap, di Pilkakam mendatang dia memenangkan pemilihan. Karena bertujuan bersatu dengan masyarakat untuk membangun Kampung Terbanggi Besar. Dia juga berkeinginan akan transparan kepada masyarakat.

“Tujuan kedepan, saya akan membangun Kampung. Dan menjaga keamanan Kampung,” ujarnya di akhir wawancara. (Willy Dirgantara)

Komentar

Realita Lampung