oleh

Festival Kemilau Tapis Lampung 2021, Pakaian Adat Berkualitas Ekonomi

Bandar Lampung (RL) : Upaya Pemerintah Provinsi Lampung dalam melestarikan karya sulam tapis kekancah nasional menuju internasional menyelenggarakan festival kemilau tapis lampung.

Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021 ini dibuka langsung oleh Gubernur Lampung, Ir. Hi. Arinal Djunaidi bersama Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Hj. Riana Sari Arinal dan dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Kota beserta perwakilan kepala organisasi perangkat daerah atau OPD terkait dari masinng-masing daerah se-Provinsi Lampung. Kegiatan ini berlangsung di Sheraton Hotel, Bandar Lampung pada, Rabu 24 November 2021.

Agendanya acara Festival Kemilau Tapis Lampung tahun 2021 ini akan terselenggara selama tiga hari yang dimulai dari hari ini, Rabu 24 – 26 November 2021. Dalam kegiatan ini masing-masing perwakilan dari Kabupaten Kota menampilkan hasil karya anak bangsa tentang berbagai jenis sulam tapis lampung.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Hj. Riana Sari Arinal pada acara pemukaan Festival Kemilau Tapis Lampung tahun 2021 mengatakan, sejarahnya kain tapis hanya dipergunakan oleh kalangan tertentu dan pada acara adat lampung. “ Ya itu Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun,” ujarnya.

Seiring perkembangan jaman, kain tapis telah berkembang dan telah mengikuti modern dan juga sudah memberikan nilai ekonomi yang dimulai dari asesoris, busana dan lainnya karena memiliki kualitas.

Dengan sering digelarnya ajang pameran, kain tapis menunjukan perkembangan dan ciri khas masyarakat Lampung. Ini tentunya tidak terlepas dari peran serta Pemerintah Provinsi Lampung bersama para pelaku UMKM pengrajin kain tapis yang terus melestarikan dan memajukan kain tapis di Bumi Ruwajurai.

Lebih lanjut Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Hj. Riana Sari Arinal menyampaikan ajakannya kepada seluruh masyarakat Lampung untuk bersama-sama memakai produk dalam negeri yang sudah semakin berkualitas dan terbaik, tidak kalah dengan produk dari luar.

Penyelenggaraan kegiatan Festival Kemilau Tapis Lampung tahun 2021 diharapkannya bisa menjadi momen untuk para pelaku usaha khususnya tim kreatif pengrajin dalam menggangkat sastra budaya lampung dengan dukungan masyarakat lampung. “Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Lampung,” kata Riana Sari Arinal.

Diakhir sambutanya Ketua Dekranasda Provinsi Lampung menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggarannya kegiatan tersebut. (RD/IN)

Komentar

Realita Lampung