oleh

Instruksi Menteri Toilet Gratis, di Lampung Masih Ada Keluar WC SPBU Bayar

Bandar Lampung (RL) : Setelah mendapatkan instruksi dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini di masing-masing stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sudah menggratiskan pengunjung.

Mirisnya meski sudah banyak SPBU yang menggratiskan masyarakat khususnya pengunjung ketika menggunakan toilet atau water closet (WC) yang ada di SPBU, namun masih ada juga SPBU yang melakukan pemungutan kepada warga saat menggunakan toilet.

Dari pantauan, seperti yang terjadi hari ini, Rabu 24 November 2021, pada SPBU yang ada di SPBU Mall Bumi Kedaton, SPBU Pramuka, dan di SPBU Way Halim. SPBU-SPBU ini masih melakukan pungutan sebesar Rp2000.

Hal ini berbanding terbalik dengan SPBU yang sudah menggratiskan biaya toilet, seperti di SPBU Raden Intan, SPBU Kedaton dan sejumlah SPBU lainnya.

Masih adanya pungutan biaya toilet ini tentu saja bertolak belakang dengan instruksi Menteri BUMN, Erick Thohir yang sudah mengeluarkan perintah agar masing-masing SPBU menggratiskan masyarakat atau pengunjung SPBU tersebut.

Perihal masih adanya sejumlah SPBU yang melakukan pungutan itu tidak hanya berkesan tak mengindahkan instruksi Meteri namun juga akhirnya menuai keluhan warga.

Sebagaimana disampaikan Didit salah seorang warga, yang menyatakan dirinya sebagai masyarakat yang terbilang sering menggunakan toilet yang berada di SPBU ketika dalam perjalanan merasa kecewa lantaran masih dipungut biaya oleh penjaga toilet padahal Mentei BUMN sudah mengintruksikan gratis kepada pengelola SPBU.

“Intruksi untuk menggratiskan pengunjung saat menggunakan toilet sudah disampaikan oleh Menteri BUMN, tapi di Lampung kok masih bayar ya,” ujarnya.

Kepada media ini, sebagai masyarakat dia menyampaikan harapannya agar Menteri BUMN dapat lebih tegas kepada pihak penggelola SPBU, khususnya di Lampung dan di Bandar Lampung agar memberikan sanksi tegas terhadap oknum yang masih melakukan pungutan biaya penggunaan toilet yang ada di SPBU. (RM)

Komentar

Realita Lampung