oleh

Lampung VJ, Ratusan Seniman Gelar Aksi

Bandar Lampung (RL) – Ratusan seniman yang tergabung di forum peduli pemajuan kebudayaan lampung nenggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Para pegiat seni ini meminta transparansi dalam pengelolaan taman budaya karena diduga adanya pungutan liar terkait anggaran seni budaya yang dikelola dinas terkait lantaran setiap penggiat seni mengguna fasilitas gedung harus membayar juta rupiah.

Massa aksi yang digelar oleh seniman yang tergabung dalam forum peduli pemajuan kebudayaan lampung (FPPKL) meminta transparansi pengelolaan anggaran di Taman budaya yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Hal ini diutaran lantaran para senin harus mengularkan biaya tiga juta hingga lima juta rupiah setaip kali menggunakan fasilitas gedung taman budaya dan meminta Disdikbud agar dapat menganggarkan alokasi dana untuk para seniman di lampung.

Untuk itu para pegiat seni ini meminta kepada dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi lampung menghapus segala jenis pungutan serta lebih memperhatikan seniman untuk mengangkat kebudayaan seni lampung.

Disampaikan Alexander GB, seniman lampung, setelah dilakukan audensi dengan kepala dinas pendiddikan dan kebudayaan (Disdikbud) Lampung mensetujui apa tuntutan para pendemo yang mayoritas seniman tersebut.

Salah satu akan menghapuskan biaya penggunaan fasiltas taman budaya oleh seniman dan akan melakukan audet kepihak terkait.

Kemudian terkait permintaan serta tuntutan para seniman, pihak Pemerintah Provinsi Lampung pun menanggapi keluhan tersebut, menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung adanya permintaan mengaduit segala bentuk anggaran dana penggelolaan taman budaya selalu dilakukan setiap tahunnya. (RM)

Komentar

Realita Lampung