oleh

Alokasikan Dana Hibah, Pemdes Negeri Katon Bangun Masjid Nurul Yaqin

Lampung Tengah (RL) : Panitia pembangunan Masjid Kampung Negeri Katon, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah hari ini secara resmi melakukan pelaksanaan pembangunan Masjid Nurul Yaqin.

Pelaksanaan pembangunan Masjid Nurul Yaqin yang tepat berada di Dusun I Kampung Negeru Katon, Selagai Lingga, Lampung Tengah, Lampung ini diawali dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Kampung, Hasanudin, Minggu 26 Desember 2021.

Setelah sebelumnya dilakukan rembuk kampung yang menugaskan Idrus sebagai Ketua Panitia dan Sarip sebagai sekretaris pembangunan Masjid Nurul Yaqin di Kampung tersebut. Penetapan panitia pelaksana pembangunan masjid itu dilakukan pada, Sabtu 25 Desember 2021 kemarin.

Kepala Kampung Negeri Katon, Hasanudin mengatkan, pelaksanaan pembangunan masjid tersebut bersumber awal dari hibah yang diberikan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Bidang Kesra sebesar Rp10 juta, dan rencananya pembangunan Masjid Nurul Yaqin itu akan dibangunkan dengan ukuran 10X12 meter.

“Modal setar awal kita mendapatkan hibah dari Kesra, selain itu ada juga sumbangan dari donatur lain, seperti dari Pondok Pesantren Sidoharjo yang memberikan bantuan berupa material, semen, pelapon dan keramik,” kata Hasanudin.

Antusias masyarakat Kampung Negeri Katon terlihat sangat memberikan dukungan karena keberadaan Masjid Nurul Yaqin yang ada di kampung setempat memang sudah lama belum pernah dilakukan pembangunannya.

Berdasarkan sumber, keberadaan Masjid Nuruk Yaqin dijetahui sudah lima kali berganti kepemimpinan (Kepala Kampung) dan baru tahun 2021 ini, dimasa jabatan Kepala Kampung Hasanudin baru ada pembangunan untuk Masjid tersebut.

Dengan penuh pengharapan panitia beserta masyarakat setempat juga berharap akan ada hamba-hamba Allah yang bisa menyisihkan rejekinya untuk pembangunan Masjid yang tengah dilaksanakan di Kampung setempat.

Harapan ini karena pelaksanaan pembangunan masjid tidak lah rutin dilakukan setiap tahunnya. Bahkan digambarkan sebelumnya telah lima kali berganti Kepala Kampung, baru tahun ini diadakan pembangunan kembali.

Bagi hamba-hamba Allah yang hendak menyalurkan dari sisihan rejekinya jika tidak bisa datang langsung ke Alamat Jalan Proklamator Nomor 134, Kampung Negeri Katon, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung juga bisa memberikan bantuan melalui rekening Bank Lampung di Nomor Rekening: 3850301248603 atas nama Masjid Nurul Yaqin.

Sedekah Tidak Akan Membuatmu Miskin

Dikutif dari laman infakyatim.id, Sedekah Tidak Akan Membuatmu Miskin

Sedekah adalah amalan yang mulia, apalagi jika mengamalkannya dikala kita dalam keadaan sulit. Harta yang kita sedekahkan secara fisik memanglah berkurang, namun Allah telah berjanji dalam Al-Qur’an akan mengganti sesuatu yang kita beri dengan sesuatu yang lebih baik.

Bersedekah bisa jadi cara kita bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah. Rezeki itu bukan sebatas pada harta atau materi semata. Lebih dari itu, rezeki yang kita dapat bisa jadi bentuknya dalam kesehatan dan kenyamanan yang kita miliki saat ini. Semakin kita mensyukuri yang sedikit yang sudah kita punya, maka kita akan merasakan keberkahan yang ada pada harta kita.

Pada hakikatnya setelah kita berbagi kepada orang lain, di situlah letak sebenarnya harta kita. Jadi semakin banyak kita mengeluarkan harta, maka harta yang kita keluarkan itulah harta sejati yang kita miliki. Banyak sekali hikmah atau keutamaan sedekah bagi mereka yang mahu mengamalkannya. Di dalam Al-Qur’an sendiri banyak ayat yang menerangkan keutamaan sedekah.

Salah satunya ialah dalam Al-Qur’an Surat Saba’ ayat 39 yang berbunyi “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

Seorang ulama termahsyur Ibnu Katsir berkata dalam menafsirkan ayat di atas, “Apapun yang kamu infakkan dalam apa yang diperintahkan kepadamu atau yang dimubahkan, maka Dia akan memberikan gantinya untukmu di dunia, dan di akhirat dengan ganjaran dan pahala kebaikan.”

Rasulullah pernah bersabda “tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan, kecuali ia bertambah, bertambah dan bertambah” (HR. Tirmidzi)

Oleh karena itu, jika harta yang kita miliki untuk bersedekah tidak akan pernah berkurang ataupun akan membuat diri kita menjadi miskin. Karena Allah sang Maha Pemberi Rezeki untuk Umat-Nya yang senantiasa berbuat kebaikan seperti sedekah kepada orang yang membutuhkan.

Dengan bersedekah akan membersihkan rezeki dari harta yang kita punya, sebagiannya ada hak untuk orang lain. Rezeki kita bahkan bisa makin lancar dengan bersedekah. Lihat saja para tokoh dunia, mereka tidak pernah sungkan mendermakan sebagian kekayaan mereka untuk orang lain sebagaimana kisah Abdurrahman bin Auf.

Jangan pernah takut jatuh miskin karena bersedekah. Justru, orang-orang yang bersedekah sering mendapat keajaiban dan pertolongan tak terduga dari Allah.

kemudian bersedekah merupakan salah satu cara Kita untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat bagi orang lain. Dengan Mengeluarkan sedikit dari harta yang kita punya, kita telah membantu meringankan beban saudara kita yang membutuhkan.

Sedekah tak harus dalam bentuk uang. Bisa jadi dalam tenaga atau jasa. Sedekah materi atau uang bisa meringankan beban ekonomi orang lain. Sementara sedekah tenaga atau jasa bisa bantu meringankan masalah yang dihadapi orang lain. Tak perlu menjadi orang kaya (secara materi) untuk bersedekah, namun karena bersedekahlah kita akan dikayakan. (RD)

Komentar

Realita Lampung