oleh

Mengantisipasi DBD Rutan Kelas IIB Kotabumi di Fogging

Lampung Utara (RL) – Pegawai Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi melakukan pengasapan (fogging) atau penyemprotan insektisida untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara melalui Puskesmas Wonogiri dan berlangsung, Sabtu 1 Januari 2022.

Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Kotabumi Mukhlisin Fardi, mengatakan Rutan memiliki resiko tunggi penyebaran demam berdarah dengue (DBD).

Dia menjelaskan jumlah penghuni yang ada di rutan Kotabumi cukup banyak dan saat ini musim penghujan itu itu pihaknya mengantisipasi penyakit demam berdarah melalui kegiatan fogging ini.

“Selain itu Alantisipasi lain untuk memutus mata rantai penyebaran DBD juga dilakukan kegiatan selalu membersihkan kamar hunian, menguras bak penampungan air serta selalu membersihkan air yang tergenang sehingga penyebaran nyamuk dapat di minimalisir,” ujar Mukhlisin.

Pada kesempatan itu dirinya menghimbau kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk selalu memperhatikan serta meningkatkan kebersihan blok hunian serta kamar hunian agar kita semua bebas dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sementara itu Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kotabumi (Sabar Anju Padang) didampingi petugas kesehatan Rutan menjelaskan Kegiatan ini di mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan 3 (tiga) orang petugas dari puskesmas Wonogiri.

“Kita melakukan Fogging dibeberapa tempat diantaranya rumah dinas rutan,area pagar luar serta menara, bagian belakang rutan, seluruh ruangan kantor dan seluruh kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan,” jelasnya.

Ditambahkan Sabar, Selain fogging, pihaknya melakukan pengawasan serta pengecekan secara rutin di kamar hunian untuk selalu menjaga kebersihan kamar dan blok hunian agar seluruh warga binaan terhindar dari penyakit.

“Kita akan selalu siap 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan,” imbuhnya.

Disisi lain petugas kesehatan Rutan Didik Caroko menambhakan untuk memastikan seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan kotabumi tentu kita harus selalu kontrol kesehatan mereka baik di pagi hari serta di sore hari.

“Bukan hanya kontrol kesehatan saja melainkan kita perlu mengecek sumber air dan penampungan air mereka,agar selalu kondisi layak di pakai” pungkasnya.

Salah satu warga binaan saat ditanya tentang kondisi Rutan dia menjelaskan untuk kebersihan di kamar hunian, selalu bersih serta selalu di kontrol kebersihan oleh petugas.

“Fogging seperti ini sangat bermanfaat untuk kami sebagai Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan terimakasih kepada Rutan Kotabumi yang tidak berhenti dan bosan memberikan pelayanan kesehatan untuk kami,” ujarnya.(AD/YN)

Komentar

Realita Lampung