oleh

Pemilihan Peratin Serentak Pesisir Barat Berlangsung Bulan Juli

Pesisir Barat (RL) – Pada bulan Juli mendatang sebanyak 68 Pekon (desa) akan melaksanakan pemilihan peratin (kepala desa) serentak di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan Plt. Kepala Dinas PMP Pesisir Barat Mizwar, S.IP, melalui Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Pekon Iswandi, S.IP, M.M, Sabtu (26/3/2022).

Dijelaskannya, Dinas PMP telah melaksanakan tahapan-tahapan, dan saat ini sudah sampai pada tahap bimbingan teknis kepanitiaan tingkat pekon. Dan beberapa tahapan lagi juga akan dilaksanakan, diantaranya penetapan bakal calon, penentuan mata pilih, dan sebagainya.

“Saat ini sudah sampai pada tahapan bimtek panitia panitia pekon, selanjutnya juga akan dilaksanakan tahapan berikutnya yaitu penetapan bakal calon, penentuan jumlah dpt dan lain-lain”, ucapnya.

Dilanjutkan Iswandi, pelaksanaan pilratin tetap melaksanakan protokol kesehatan, dari masa kampanye sampai dengan pemungutan suara nanti. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya cluster baru penyebaran covid-19.

“Kita tetap laksanakan prokes untuk mencegah penyebaran covid-19, sesuai permendagri yang mengharuskan pelaksanaan pilratin berjalan sesuai adaptasi kebiasaan baru”, jelasnya.

Untuk mensukseskan pilratin, Iswandi berharap masyarakat tetap kondusif dan tidak menimbulkan gejolak di tengah pekon masing-masing. Sehingga pemilihan peratin bisa berjalan lancar, sukses, sejuk, dan damai.

“Apabila ada pekon yang memiiki calon lebih dari lima orang, maka akan dilakukan tes seleksi terlebih dahulu, kemudian lima orang tersebutlah yang akan bertarung untuk maju pada pemilihan peratin, sementara apabila ada pekon yang hanya ada satu calon maka akan ditunda. Jadi calon minimal dua dan maksimal lima calon”, tandasnya. (Noval)

Komentar

Realita Lampung