oleh

Distribusi Minyak Curah, Polda Lampung Minta Pemda Kontrol Kebutuhan

Mesuji – Kapolda Lampung mengharapkan peran aktif pemerintah daerah untuk memastikan kebutuhan bahan pokok tersedia di pasaran, termasuk minyak goreng curah. Pernyataan Tersebut di sampaikan Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno saat melakukan peninjauan secara langsung terkait ketersediaan dan stabilitas harga minyak goreng di Pasar Simpang Pematang, Mesuji, Lampung, Beberapa waktu lalu, Sabtu 2 Maret 2022.

Dari peninjauannya, Kapolda berinteraksi langsung dengan sejumlah pedagang yang banyak menyatakan bahwa minyak goreng curah di pasar tersebut tersedia,namun hanya saja para pedagang harus mengambil dari wilayah lain seperti metro dan sebagainya untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat.

“Klo hanya Kebutuhan masyarakat ketersediaan bahan pokok masih aman,termasuk minyak goreng.” kata Hendro

Hendro juga mengharapkan kepada para produsen dan distributor yang ada untuk mempercepat distribusi. Mengingat, memasuki bulan Ramadan, yang mana kebutuhan dari masyarakat akan meningkat.

Sementara itu Kapolda juga meminta agar instansi pemerintah daerah terutama dinas terkait untuk segera mendata dan mempercepat pendistribusian minyak goreng curah yang di butuhkan masyarakat terutama bagi para pedagang UMKM serta berharap bagi Forkopimda mengawal distribusi minyak goreng ke titik-titik yang masih kosong.

“Kami berupaya dalam beberapa hari ini bisa memaksimalkan pendistibusian dan minyak curah betul-betul ada di pasar dan masyarakat mudah mendapatkannya,” Tambah Hendro.

Dari informasi para pedagang pun Kapolda mengetahui bahwa terjadi kenaikan sejumlah bahan pokok, rata rata kenaikan mencapai 1 persen sesuai dengan Ppn yang di ungkapkan sejumlah pedagang di temui.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga mengimbau kepada para pedagang untuk turut berperan dalam menyampaikan informasi kepada Petugas ataupun Satgas Pangan, terkait proses distribusi sembako terlebih minyak goreng curah sehingga diharapkan ketersediaan sembako tersebut tidak terganggu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Di ketahui memasuki Bulan Suci Ramadhan permintaan terhadap sembako pasti akan meningkat, dan kenaikan harga pasti akan terjadi dari hari biasanya,” ungkap Hendro.

Dengan terjaminnya ketersediaan sembako berupa minyak goreng curah untuk masyarakat, kata Kapolda, hal tersebut akan mempengaruhi harga penjualan minyak goreng curah sehingga masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng tersebut sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebagaimana kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sesuai dengan Perintah dan Petunjuk Kapolri seluruh jajaran kewilayahan saat ini untuk melakukan pengawalan ketersediaan dan stabilitas harga melalui pengecekan pada setiap tingkatan bisnis proses minyak goreng mulai dari tingkat produsen, distributor, agen sampai dengan tingkat konsumen. 

Kapolda bersama jajaran nya berkomitmen akan menindak tegas setiap oknum yang bermain-main dengan distribusi dan harga minyak goreng.

Usai Melakukan tinjauan langsung ke pasar, Kapolda Lampung Beserta rombongan juga melihat Vaksinasi yang dilaksanakan Polres Mesuji dan berlokasi di Pasar Simpang Pematang yang banyak di datangi oleh masyarakat terutama para Ulama. Pihak nya pun Menghimbau agar Seluruh Masyarakat Melakukan Vaksinasi. (AB)

Komentar

Realita Lampung