oleh

Karang Taruna Pekon Sukabumi Gotong Royong Persiapkan Pesta Rakyat Sekura Cakak Buah

Lampung Barat – Karang taruna Pekon Sukabumi, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat, adakan kegiatan gotong royong sampai malam hari, demi memeriahkan pesta Rakyat Sekura Cakak Buah yang akan diadakan 2 syawal mendatang, Minggu 17 April 2022.

Karang Taruna Pekon Sukabumi saling bergotong royong hingga larut malam menyiapkan salah satu kegiatan panjat pinang atau biasa masyarakat Lampung Barat menyebutnya Cakak Buah.

Rencananya akan diadakan Pesta Sekura Cakak Buah di Pekon Sukabumi 2 Syawal mendatang, setelah masyarakat melakukan Hari Raya Idul Fitri, tepatnya 2 Syawal.

Pesta Budaya Sekura adalah Pesta Budaya Tradisional yang dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri, biasanya mulai dari 1 syawal sampai 6 atau 7 syawal, setiap hari bergantian dari Pekon (Desa) satu ke Pekon yang lainnya.

Pesta Budaya Sekura dalam pandangan secara umum, kegiatan ini hampir sama dengan pentas theatre luar ruang dengan pelaku adalah identik dengan kemenangan, kebebasan dan kegembiraan, sebagai ungkapan jiwa manusia untuk berkreasi dan berekspresi setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Menurut pemuda Karang Taruna Pekon Suabumi, Aquin mengatakan, kegiatan Sekura Cakak Buah ini merupakan Kebudayaan sudah lama, turun menurun, diadakan sekali dalam satu tahun di Bulan Syawal, dengan dimeriahkan adanya panjat pinang serta pawai masyarakat Lampung Barat setempat memakai pakaian Sekura.

“Pakaian Sekura ini biasanya memakai topeng dari kayu dan ada juga yang memakai topeng dari kain sarung”, tandasnya.

Lanjut Ia berharap “kedepannya kegiatan Budaya Sekura Cakak Buah tetap lestari dan harus dijaga, dikarenakan Budaya Sekura merupakan Budayanya Masyarakat Lampung Barat”, pungkasnya. (YS)

Komentar

Realita Lampung