oleh

Masuk Masa PPDB, Polres Lampung Utara Ajak Masyarakat Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air

Jiwaku Penolong

Lampung Utara – Menjelang pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2022-2023 Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lampung Utara Polda Lampung mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menanamkan rasa cinta tanah air.

Imbauan ini sebagai langkah antisipasi dari pihak Kepolisian akan keterlibatan peserta didik baru dalam perbuatan kriminal, paham radikal, penyalahgunaan narkoba pada anak di bawah umur di lingkungan Dinas Pendidikan.

Kasat Reskrim Polres Lampung Utara, AKP Eko Rendi Oktama, SH, di ruang kerjanya, fhoto : ist.

Sebagaimana dikatakan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Lampung Utara, AKP Eko Rendi Oktama, SH, mewakili Kapolres Lampung Utara, AKBP Kurniawan Ismail, SH, S.IK, M.IK, pada Jum’at 17 Juni 2022.

“Hasil koordinasi yang kita lakukan dengan Dinas Pendidikan, maka disepakati untuk diberitahukan kepada masyarakat baik melalui media dan masing-masing sekolah, agar bersama-sama kita saling mengingatkan. Hal ini karena maraknya laporan polisi yang melihatkan anak, anak berhadapan dengan hukum,” kata AKP Eko Rendi Oktama.

Lebih lanjut dikatakan, AKP Eko Rendi Oktama, menyikapi hasil koordinasi yang dilakukannya itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara juga telah mengeluarkan surat edaran tentang antisipasi keterlibatan peserta didik baru dalam perbuatan kriminal, paham radikal, penyalahgunaan narkoba pada anak di bawah umur tersebut.

Di dalam surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara yang disampaikan kepada para kepala sekolah, agar kepala sekolah bersama dewan guru dapat mengantisipasi aliran-aliran berkembang dikalangan peserta didik, yang mengarah pada anti pancasila, radikalisme dan paham-paham yang dapat merusak jati diri bangsa.

Kasi Humas Polres Lampung Utara, AKP Zulkarnaen saat melaksanakan Binluh di Ponpes Sabilul Mukminin pada Rabu 15 Juni 2022, fhoto: Ist/Humas Polres Lampung Utara.

Upaya antisipasi pada terjadinya tindak kriminal baik itu pelaku dan korban atas kekerasan bullying yang dilakukan oleh anak di bawah umur, maka diminta kepada kepala sekolah dan para dewan guru untuk dapat menjalin komunikasi yang aktif dengan para siswa dan para orang tua.

Selain itu, diminta juga kepada para kepala sekolah dan dewan guru untuk senantiasa melakukan pembinaan kepada anak didik dan melibatkan aparat Desa atau Kelurahan, Kepolisian dan TNI untuk memberikan pembinaan terhadap para peserta didik sebagai langkah menghindari perbuatan-perbuatan tercela.

Seperti pada masa orentasi penyelenggaraan sekolah, kita minta kepada pihak sekolah undak dapat memberikan ruang dan waktu kepada aparat Kepolisian dan TNI untuk melakukan pembinaan ideologi dan kedisiplinan bela negara dan cinta tanah air, kata AKP Eko Rendi Oktama.

Ditambahkannya, dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke-76 aparat Kepolisian setempat juga sudah melakukan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) di sekolah. Seperti yang telah dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Mukminin yang ada di Dusun Wonogiri, Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan, pada Rabu 15 Juni 2022 lalu yang dilakukan Kasi Humas Polres Lampung Utara, AKP Zulkarnaen, pungkasnya. (Sarnubi)

Berita sebelumnya : Cegah Aksi Kenakalan Remaja, Kasi Humas Polres Lampung Utara Gelar Binluh di Sekolah

Komentar

Realita Lampung