oleh

Kondisi Jalan Yang Buruk di Tiyuh Toto Mulyo Dikeluhkan Warga

Tulang Bawang Barat – Jalan penghubung antar kecamatan di Tiyuh Toto Mulyo, Kecamatan Gunung Terang, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), kondisinya saat ini rusak berat. Jalan selebar 5 meter tersebut kini terdapat banyak lubang dengan kedalaman yang bisa membuat kendaraan terjebak kedalam kubangan.

Jalan itu merupakan akses jalan penghubung antara Kecamatan Gunung Terang menuju Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kerusakan jalan sepanjang beberapa kilometer itu membentang sejak memasuki Tiyuh Toto Mulyo.

Pengamatan di lokasi, jalan itu dipenuhi oleh sendimen lumpur. Kondisi itu tentu bisa membahayakan pengguna jalan. Terutama kendaraan roda dua, yang bisa tergelincir akibat jalan yang licin karena berlumpur. Untuk kendaraaan roda empat terpaksa berjalan perlahan, sembari menghindari kubangan yang cukup dalam.

Buruknya kondisi jalan di Tiyuh Toto Mulyo itu dikeluhkan oleh para warga. Khoiran, warga RT.01 Tiyuh Toto Mulyo mengungkapkan, jalan di Tiyuh Toto Mulyo sudah rusak parah sejak 3 tahun terakhir. Menurut dia, pemerintah daerah pernah memperbaiki jalan dengan ditimbun sabes.

“Untuk sekarang perawatan paling dari PT-PT itu,” jelasnya.

Menurut Khoiran, buruknya kondisi jalan dikeluhkan segenap warga. Karena menyulitkan warga yang ingin membawa hasil bumi dari ladang menuju pasar. Termasuk juga anak-anak sekolah menjadi terganggu perjalanannya.

Dia menceritakan, sejak jalan tersebut kondisinya rusak parah sering menyebabkan kecelakaan. Seringkali warga tergelincir saat menggunakan sepeda motor akibat jalan yang licin. Walaupun tidak pernah mengakibatkan korban fatal, tetapi banyak warga yang dirugikan.

“Kalau jatuh dagangannya sering. Orang-orang pasar, ibu-ibu pulang belanja sampai tabur dagangannya,” terangnya.

Warga lainnya, Heniwati, mengakui seringkali melalui jalan penghubung antar kecamatan tersebut. Dia mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah sejak tahun yang lalu. Warga Tiyuh Sumber Rezeki, Kecamatan Gunung Terang berharap pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut. Karena seringkali warga jatuh tergelincir akibat jalan yang licin.

“Minta diperbaiki biar yang lewat itu enak. Karena (warga) sering jatuh,” ujarnya.

Masih di Tiyuh Toto Mulyo, warga lainnya mempunyai harapan yang sama agar jalan tersebut diperbaiki. Sejumlah ibu-ibu yang ditemui sedang bercengkrama disebuah rumah warga, meminta jalan itu jangan hanya ditimbun sabes, tetapi segera dicor. Karena banyak warga yang terjatuh karena tergelincir.

Selain itu, ibu-ibu berusia sekitar 30 tahunan tersebut juga meminta agar sungai yang didekat rumahnya segera ditanggul. Karena jika hujan deras, air dari jalan membanjiri rumahnya. Banjir semakin diperparah karena tidak ada saluran drainase. Menurut dia, sejak dulu belum pernah ada pembangunan drainase di sekitar rumahnya.

Saat hujan deras, genangan air yang tidak mengalir akibat tidak ada siring berdampak kepada rumah warga. Banyak sumur warga tidak dapat dipergunakan karena tercemar oleh genangan air, dan luapan air sungai yang tidak ditanggul.

“Dari jalan air masuk kerumah sampai setinggi lutut kalau hujan,” sahut ibu-ibu lainnya.

BERHARAP CAMPUR TANGAN PEMDA
Sekretaris Tiyuh Toto Mulyo Wisnu mengakui ruas jalan di RT.01, RW.01 Tiyuh Toto Mulyo mengalami kerusakan sejak sepuluh tahun yang lalu. Sejak bertahun-tahun lalu, jalan tersebut belum pernah diperbaiki oleh pihak terkait.

Dia mengakui, pihaknya bukan yang berkompenten untuk memperbaiki jalan dimaksud. Kendati demikian, pihak Tiyuh Toto Mulyo berupaya semaksimal mungkin melakukan pembenahan.

“Kami sebisa mungkin membenahi sebagai aparatur Tiyuh. Tapi ada pihak lain yang lebih berkempenten soal itu,” jelasnya.

Ditanya apakah pernah aparatur Tiyuh pernah mengajukan permohonan perbaikan jalan? Wisnu mengatakan, kemungkinan pernah diajukan proposal permohonan perbaikan jalan. Dia tidak mengetahui pasti, karena dia belum lama menjabat sebagai Sekretaris Tiyuh Toto Mulyo.

Sebagai aparatur Tiyuh, Wisnu berharap campur tangan pemerintah daerah untuk memperbaiki jalan, baik pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi. Kalau bisa segera direalisasikan perbaikan jalan, karena jalan itu adalah jalan penghubung antar 2 kecamatan dan 2 Kabupaten. Selain ruas jalan kabupaten, ada juga ruas jalan provinsi di Tiyuh Toto Mulyo.

“Kami sebagai aparatur Tiyu Toto Mulyo, perwakilan dari warga mengharapkan campur tangan pemerintah agar segera memperbaiki jalan,” pungkasnya. (Rudianto).

Komentar

Realita Lampung