oleh

Bupati Dewi Handajani Ajak Masyarakat Terus Menjaga Persatuan di Bumi Tanggamus

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani .enghadiri Tabligh Akbar Muharrom 1444 Hijriah Majelis Ta’lim Nurul Huda di Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting yang berlangsung di Masjid At-Taqwa Gisting Bawah, Selasa 9 Agustus 2022.

Hadir dalam Kegiatan tersebut Ketua FKMT Tanggamus H. Agus Suparno S. Ag, Ketua FKMT Kecamatan Gisting Safna Dewi, Camat Gisting Purwanti S. Pai, Sekretaris PCNU Tanggamus Rohman, Kepala KUA gisting Darmawan M. Fil, Kakon gisting bawah Safari, Kakon Purwodadi Mualfi, Pembina Majlis ta’lim Nurul Huda Ratnawiya, Ketua panitia majlis ta’lim Nurul Huda Sumiyati, Ketua panitia Sapto, dan seluruh Jama’ah Majelis Ta’lim Nurul Huda.

Dalam acara ini Bupati menyampaikan, Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih kepada Panitia penyelenggara yakni Ibu-bu Majelis Taklim Nurul Huda, juga ucapan terimakasih secara tulus kepada Bapak Ustadz Ismail yang telah bersedia meluangkan waktu untuk mengisi siraman rohani kepada ibu-ibu jama’ah pengajian ini. Semoga Tausiyah dan siraman rohani yang disampaikan bisa lebih menyejukkan hati kami dan membawa keberkahan bagi daerah kita tercinta.

Pemkab Tanggamus dalam melaksanakan Visi dan Misinya menjadikan Tanggamus sebagai Kabupaten yang bernuansa islami, telah berusaha setahap demi setahap menjalankan program tersebut, karena kami yakin masyarakat yang berada di Kabupaten Tanggamus ini mayoritas beragama islam.

Sebagai realisasi pembangunan mental spiritual, kita telah berangsur-angsur melakukan pembangunan di bidang keagamaan, telah dibuktikan dengan pembangunan infrastruktur maupun bathiniah, antara lain dengan terus melanjutkan bantuan pembangunan dan renovasi masjid dan mushola, pondok pesantren, melaksanakan secara rutin pengajian, pemberian insentif kepada para ustadz/ustadzah, guru ngaji, khatib, majelis taklim Se-Kabupaten Tanggamus.

Pembangunan tersebut tidak akan terlaksana dengan baik kalau tidak didukung oleh masyarakat termasuk kita semua, oleh karena itu dalam kesempatan ini, kami mengajak hadirin sekalian, mari kita bergandeng-tangan, bahu-membahu dalam membangun Kabupaten Tanggamus ini, paling tidak kita terapkan nuansa islami dalam aktifitas kita sehari-hari. Mari terus kita jaga suasana kondusif di Bumi Tanggamus ini dengan memelihara persatuan dan kesatuan kita, sehingga pembangunan dapat berjalan lancar dalam suasana aman dan damai.

Dengan moment Bulan Muharram bulannya Tahun Baru islam, kita menyadari umur kita juga menjadi bertambah tua 1 tahun, maka gunakanlah sisa dari umur yang ada ini dengan amalan-amalan atau aktifitas yang sesuai dengan norma-norma agama, dan itulah sebaik-baiknya tindakan manusia yang cerdik. Sesuai dengan hadits Rasulullah S.A.W : “sebaik-baiknya manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amalannya dan sejelek-jeleknya manusia adalah yang diberi umur panjang dan jelek amalannya (perbuatannya). (HR.Ahmad)”

Menyadari atas realitas hidup dan kehidupan seperti itu, marilah kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah agar hidup kita selalu dalam bimbingan dan tuntunan Allah SWT. Semoga apa yang akan disampaikan oleh penceramah nanti dapat menambah wawasan dan pola pikir kita sehingga dapat berkembang ke arah yang lebih baik. Aamiin, tutup Bupati.

Ustadz Ismail, S.Pd.I, dalam ceramahnya menyampaikan Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan suci atau bulan haram (mulia) dalam Islam selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Bulan Muharram adalah bulan yang mulia. Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan. Karenanya Marilah kita memanfaatkan kedatangan bulan muharram sesuai yang disyariatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dan meninggalkan apa yang tidak perlu untuk kita lakukan.

Bulan muharram merupakan bulan untuk beramal shaleh. Dan diantara amalan yang paling sholeh dan dianjurkan di bulan ini yaitu memperbanyak ibadah puasa sunnah dalam hadits Qudsi disebutkan :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram), Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam” (HR. Muslim). (BD)

Komentar

Realita Lampung