oleh

45 Warga Desa Sukamarga Menerima Program SPALD

45 warga Desa Sukamarga Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara mendapatkan realisasi sanitasi jambanisasi dari program Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) yang dialokasikan Pemerintah Pusat. 

Realisasi program ini bertujuan untuk mengurangi limbah domestik dilingkungan masyarakat baik diperkotaan maupun di desa. Selain dari upaya mengurangi sampah dan pencemaran lingkungan yang ada dilingkunham masyarakat. 

Menurut keterangan Sudirman selaku Ketua KSM Desa Sukamarga, Kecamatan Abung Tinggi, Lampung Utara, untuk penerima manfaat program sanitasi ini di desa setempat sebanyak 45 keluarga.

“Alhamdulillah dengan adanya program, sanitasi berbasis masyarakat ini dengan dikerjakan secara swakelola mudah-mudahan sedikitnya dapat mengurangi pencemaran lingkungan khususnya di desa kita ini,” kata Sudirman, Kamis 11 Agustus 2022. 

Dalam pelaksanaan pembangunan dari realisasi program ini, lanjut Ando selaku bendahara kegiatan tersebut mengatakan, sampai saat ini pekerjaan program ini terus dilakukan dan didampingi oleh pendamping teknis yang selalu memberikan arahan agar pengerjaan berjalan dengan lancar sehingga tidak ada kendala baik di lapangan atau pun nanti untuk perawatannya kedepan.

Mudah-mudahan dengan adanya program ini dapat mengurangi apa yang menjadi keluhan masyarakat yakni pencemaran lingkungan, ujarnya. (Orean AS)

Komentar

Realita Lampung