oleh

Deklarasi Damai Calon Kepala Kampung Kabupaten Lampung Tengah

Sebanyak 275 calon kepala kampung se-Kabupaten Lampung Tengah mengucapkan ikrar Pemilihan Kepala Kampung (Plkakam) yang damai, pada hari Jum’at (12/08). Deklarasi itu diucapkan di Sesat Agung Nuwo Balak, Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah.

Ratusan calon kepala kampung se-Kabupaten Lampung Tengah itu, hadir untuk memenuhi undangan Sekretariat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Selain calon kepala kampung, Ketua Panitia pemilihan masing-masing kampung juga diundang, untuk ikut serta dalam deklarasi tersebut.

Para calon kepala kampung hadir dengan setelan kemeja putih dan celana berwarna hitam. Untuk para ketua panitia pemilihan kepala kampung mengenakan baju batik. Hal itu sesuai dengan ketentuan dalam surat undangan.

Acara deklarasi itu dihadiri oleh Bupati Kabupaten Lampung Tengah H. Musa Ahmad, S.Sos, unsur Forkopimda, Camat se-Kabupaten Lampung Tengah, Asisten dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah

Deklarasi damai itu dibuktikan dengan pengucapan ikrar yang dipimpin oleh salah seorang calon kepala kampung, dan diikuti seluruh calon kepala kampung lainnya. Terdapat 8 poin dengan ikrar tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Fathul Arifin, dalam laporannya kepada Bupati mengatakan, Pilkakam ini akan berlangsung serentak pada Tanggal 24 Agustus 2022. Dan akan diikuti oleh 275 calon kepala kampung dari 82 Kampung, yang tersebar di 27 Kecamatan. Calon kepala kampung itu terdiri dari 248 Laki Laki dan 27 Perempuan.

Untuk pemilihan dan penghitungan suara serentak terdapat 5 Kampung yang menggunakan penghitungan secara E-Voting, dan 77 lainnya penghitungan suara secara manual. Proses Kampanye akan di mulai pada 15, 16 dan 18 Agustus 2022.

Bupati Lampung Tengah Hi. Musa Ahmad berpesan kepada Calon Kepala Kampung yang hadir dalam Deklarasi tersebut, untuk mengikuti Pemilihan Kepala Kampung ini dengan menjaga situasi yang kondusif di wilayahnya masing masing. Sehingga terciptanya suasana pemilihan yang aman dan nyaman bagi para masyarakat.

Bupati juga berpesan kepada para Panitia pemilihan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk mendeteksi sejak dini apabila ditemukan indikasi hal-hal yang dapat menciderasi demokrasi.

Puncak acara deklarasi damai di tutup dengan penandatanganan berita acara deklarasi damai secara simbolis oleh 2 orang calon kepala kampung, yang disaksikan oleh Bupati Musa Ahmad dan Forkopimda.

Setelah acara deklarasi berakhir, calon Kepala Kampung Qurnia Mataram, Kecamatan Seputih Mataram Nomor Urut 2 H. Sarminto, S.Pd mengatakan, dirinya berharap pemilihan kepala kampung berlangsung dengan aman.

Senada dengan H. Sarmito, calon Kepala Kampung Sulusuban Kecamatan Terbanggi Besar Nomor Urut 1 Jarkoni, juga berharap pemilihan kepala kampung berjalan lancar, sesuai harapan semua pihak.

“Saya mengharapkan semua masyarakat satukan hati, satukan tekad, menuju Sulusuban bermartabat,” pungkasnya. (Willy Dirgantara)

Komentar

Realita Lampung