oleh

Pemkab Bersama Masyarakat Purwakarta Gelar Semarak Karnaval Mobil Hias

Purwakarta – JABAR (RL) : Puluhan mobil hias dengan iringan ribuan ASN, lurah, camat, masyarakat, perwakilan perusahaan hingga para pelaku UMKM ikuti parade mulai dari Jalan RE Martadina, Jalan Jenderal Sudirman hingga perempatan Taman Pembaharuan (Jalan Baru), Purwakarta, Rabu 17 Agustus 2022.

Karnaval mobil hias tersebut digelar untuk menyemarakan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia yang juga masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Purwakarta ke-191 dan Kabupaten Purwakarta ke-54.

Hal tersebut menjadi perhatian masyarakat. Yang lebih unik lagi, keterlibatan ASN dalam rangkaian mobil yang dihias dengan berbagai tema itu pun dapat menunjukkan peran ASN dalam pembangunan masyarakat. Terlebih antusias masyarakat yang cukup luar biasa. Dengan begitu masyarakat juga bisa mengakses informasi pembangunan di Purwakarta.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan kegiatan ini adalah sesuatu yang setiap tahun dilakukan di Purwakarta, meski dua tahun terakhir tidak dilakukan karena situasi pandemi. Namun tahun ini dapat dilaksanakan dengan melibatkan seluruh jajaran perangkat daerah, instansi, lurah, camat, masyarakat, perwakilan sejumlah perusahaan dan pelaku UMKM di Purwakarta.

“HUT Kemerdekaan ke 77 RI dan Hari Jadi Purwakarta dirangkai dan dikemas sedemikian rupa untuk menyemarakkan dan membangkitkan semangat nasionalisme kita,” ujar Ambu Anne.

Kata Ambu Anne, karnaval mobil hias ini juga merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Purwakarta yang ke-54 dan Kota Purwakarta yang ke-191. Sesuai dengan tema hari jadi yaitu; Pulih dan Bangkit Ekonomi, Wisata, Lestari Bumi Purwakarta Istimewa.

Usai karnaval mobil hias, acara dilanjutkan dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Taman Pasangrahan Padjajaran yang dirangkai dengan agenda Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara yang digelar secara virtual di Bale Paseban.

Peringatan Detik-detik Proklamasi

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama Forkopimda, Wakil Bupati, Penjabat Sekda, dan Kepala Perangkat Daerah mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun 2022 secara virtual, di Pendopo Pemkab Purwakarta.

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka. Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka tahun ini merupakan yang pertama kali mengundang masyarakat secara langsung sejak pandemi Covid-19.

Meski digelar secara tatap muka, upacara tetap berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh sekitar 4.500 undangan. Upacara yang juga digelar secara virtual ini dapat dihadiri sampai dengan 77 ribu masyarakat dari Sabang-Merauke, termasuk diaspora yang berada di luar negeri. (Rangga/DP-Red)

Komentar

Realita Lampung