oleh

Amankan Pilkakam Serentak, Polres Lampung Tengah Turunkan 425 Anggota

Menyambut pelaksanaan pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak sebanyak 425 personel Polres Lampung Tengah Polda Lampung diturunkan.

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Doffie Falevi Sanjaya, S.IK, M.Si memastikan pelaksanaan pilkakam serentak akan berlangsung dengam aman dan kondusif.

Sebagaimana diketahui pada 24 Agustus 2022 pelaksanaan pemilihan kepala kampung yang akan dilaksanakan di 82 Kampung yang ada di 27 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah.

Untuk jumlah calon sebanyak 275 orang yang terdiri dari 248 calon laki-laki dan 27 calon perempuan.

Dalam hajat ini, Polres Lampung Tengah Polda Lampung menerunkan 425 orang personelnya untuk melakukan pengamanan. 

Selain itu Polres Lampung Tengah juga melibatkan 120 personel Bantuan Kendali Oprasi (BKO) dari Polres Lampung Utara, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Metro, Lampung Timur, ditambah 100 personel dari Brimob yang tirut juga ditelurunkan.

“Kami beserta jajaran telah melakukan upaya mulai dari pencegahan dan pembinaan, termasuk bersinergi dengan pihak terkait, dengan target agar pelaksanaan pemilihan kepala kampung khususnya di Lampung Tengah dapat berjalan dengan aman, lancar serta kondusif,” kata Kapolres, Senin 22 Agustus 2022.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya juga menyatakan siap melakukan penegakan hukum sesuai aturan dan tanpa tebang pilih, baik kepada pihak penyelenggara, pelaksana, maupun para calon dan tim sukses.

Kapolres Lampung Tengah ini menegaskan bahwa bila dilihat dari sistem terinci ada 5 Kampung pelaksanaan melalui sistem E-voting dan 77 Kampung dengan manual.

Ditegaskannya bahwa Polri dipastikan juga bersikap netral, dan menghimbau terhadap masyarakat apabila pada pelaksanaannya nanti menemukan oknum anggota Polri yang memihak terhadap salah satu calon agar segera dilaporkan, sehingga pada pelaksanakannya benar-benar aman dan tertib serta tetap mengedepankan protokol kesehatan. 

“Jika ada pelanggaran dari sisi hukum, kita akan lakukan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku, kami berharap kita semua saling bersinergi, berkolaborasi dengan melakukan langkah-langkah pencegahan, dengan harapan pesta demokrasi yang untuk melahirkan sosok figur pemimpin pilhan ditingkat Kampung ini, dapat di lalui dan dilaksanakan dengan lancar, tidak ada konflik atau gejolak yang akan timbul, baik itu menjelang maupun pasca pelaksanaan Pemilihan, khususnya diwilayah hukum Polres Lampung Tengah,” tegasnya. (GN/Basuri)

Komentar

Realita Lampung