oleh

Asisten III Buka Workshop Konsep Dasar PAUD Implementasi Kurikulum Merdeka

Bunda PAUD Kabupaten Lampung Utara, Hj.Nur Endah Sulastri, S. Pd, MM, didampingi, Hj. Soleha Sofyan, S. Pd, Sri Yani Mat Soleh, SE, MM, Kabid Paud Disdikbud, Yeni Sulistina, S, Si, MM, menghadiri kegiatan Workshop Konsep Dasar Paud Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD Kabupaten Lampung Utara Tahun 2022, Rabu 24 Agustus di GOR Sukung Kotabumi.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo, SE, MM, yang diwakili oleh Asisten III H. Sofyan, SP, MM, membuka secara resmi sekaligus membacakan sambutan Bupati Lampung Utara yang menyambut baik dan apresiasi atas diselenggarakannya workshop konsep dasar PAUD pada hari ini.

Kita tahu bahwa pendidikan Paud merupakan salah satu pondasi bagi tumbuh kembangnya untuk memperoleh masa depan bangsa yang lebih baik. Apalagi di zaman yang serba maju,dengan kemajuan tekhnologi yang sangat pesat ini selain berdampak positif, ada juga yang berdampak negatif, maka dari itu kita perlu memberikan pengajaran yang diarahkan untuk membentengi moral anak-anak bangsa yaitu dimulai dengan memberikan pendidikan anak usia dini yang disesuaikan dengan kondisi dan tuntutan perkembangan zaman saat ini.

Dengan diluncurkannya kurikulum merdeka ini yang tentunya bertujuan untuk mangasah minat dan bakat anak-anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik oleh karna itu berbagai kegiatan Penataran,workshop dan seminar bagi guru menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“saya berharap kepada para peserta agar serius mengikuti workshop ini dengan baik sehingga materi yang disampaikan oleh Nara sumber dapat diserap dan diterapkan dalam mendidik anak-anak didiknya,” kata bupati dalam sambutannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lampung Utara, Mat Soleh, S, Pd, MM, mengimbau kepada para guru PAUD se- Kabupaten Lampung untuk serius dalam mengikuti kegiatan workshop implementasi kurikulum merdeka yang hari ini diselenggarakan oleh perusahaan penerbit erlangga.

Seluruh peserta yang terdiri dari pendidik diberikan materi pengenalan terkait perubahan kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka dan bagaimana penyusunannya yang disampaikan oleh praktisi PAUD Dr. Eko Setiawan, M. Pd, sekaligus pengelolaan penerbit erlangga.

Mat Soleh berharap, usai workshop pendidik PAUD dapat menerapkan ilmu yg sudah diperoleh agar mampu memberikan stimulasi secara baik dan benar melalui pendekatan proyek, sehingga pada hasil akhirnya terwujud anak-anak di Kabupaten Lampung Utara yang lebih kreatif dan kritis untuk menyelesaikan masalah.

Sementara itu, Bunda PAUD Lampung Utara, Hj. Nur Endah Sulastri, S, Pd, MM, menjelaskan konsep kurikulum merdeka, bukan berarti anak-anak tidak diberi aturan dalam proses belajar namun anak diberikan kebebasan lebih untuk memilih bakat dan cara belajar mereka. Terlebih kurikulum ini dianggap sangat sesuai diterapkan untuk jenjang PAUD, dimana mereka lebih nyaman bermain sambil belajar.

Menurut Nur Endah pengenalan kurikulum merdeka sangatlah penting, tidak hanya untuk pendidik, penting juga bagi orang tua, karna selama ini kebanyakan orang tua sangat menginginkan anaknya bisa mahir baca, tulis, hitung setelah lulus dari pendidikan PAUD sehingga dianggap siap untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya, dengan diterapkan kurikulum merdeka pada PAUD, ia berharap anak di Lampung Utara menjadi generasi yang lebih inovatif dan kreatif. (Iin Solihin)

Komentar

Realita Lampung