oleh

Lima Bulan Belum Terbayarkan, Kades Pertanyakan Siltap Perangkat Desa

Ketua Apdesi dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur mempertanyakan Penghasilan Tetap (Siltap) para perangkat desa yang belum dibayar oleh Pemerintah selama lima bulan.

Perwakilan Apdesi dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur itu mendatangi Pemda setempat pada, Jum’at 26 Agustus 2022.

Kedatangan para Ketua Apdesi Kecamatan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi didampingi oleh Sekda Moch Jusuf, bersama Asisten I Tarmizi, Asisten III Junaidi dan Kepala PMD Yudi, di Aula Pemkab setempat.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Apdesi Kabupaten Lamtim, Guna Wijaya menyampaikan, bahwa pembayaran Siltap para Perangkat Desa mulai Triwulan II sampai saat ini belum kunjung dibayar oleh pemerintah kabupaten Lampung Timur. Pada hal siltap tersebut merupakan hak para Perangkat Desa yang akan dipergunakan untuk keperluan kebutuhan sehari-hari. Kami berharap siltap Perangkat Desa tersebut dapat dibayarkan secepatnya. Kami tindak ingin para perangkat desa di 264 desa yang ada datang ke Pemda Lamtim ini untuk menanyakan hal itu.
Kami berharap agar Siltap selama lima bulan dapat dibayarkan. Kami juga meminta kejelasan kepada para pejabat di Pemda ini, kenapa sampai lima bulan belum dibayarkan, masalahnya dimana, dan kami ingin meminta kepastian kapan akan dibayar.
Semenjak Lampung Timur ini berdiri baru kali ini Siltap sampai lima bulan belum dibayar. Kami butuh kepastian dan bukan janji-janji manis dari pemda, karena siltap itu hak kami dan perangkat desa,” ungkap Guna Wijaya.

Hal senada juga disampaikan Kades Pasar Sukadana Delly Solthoni Sanjaya, dalam hal ini para Kades sudah cukup sabar dalam situasi seperti ini. Kami sudah cukup sabar mendapat keluhan dari para perangkat desa yang ada. Untuk itu kami mohon untuk permasalahan ini dapat diselesaikan dengan secepatnya, ungkapnya.

Sementara itu Kades Surya Mataram Ismail Subing mengatakan, selama ini kami telah melakukan berbagai upaya komunikasi ke Pemda agar pembayaran Siltap tersebut dapat dibayarkan.
Kami masih menghargai para pejabat Pemda ini, maka kami datang hari ini sebagai perwakilan, jangan sampai masa datang lebih banyak lagi,” ungkap Ismail Subing.

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi menyampaikan, apa yang dikeluhkan para Kades ini tentu akan menjadi perhatian serius oleh Pemda Lamtim.

Kita akan mencarikan jalan keluar, dan hal ini agar dapat dikoordinasikan dengan DPRD agar segera dilakukan pembahasan anggaran Perubahan.
Kami akan koordinasi ke DPRD agar segera dilakukan pembahasan anggaran perubahan agar dananya dapat dimasukkan lalu dibayarkan dari anggaran perubahan tersebut, ungkapnya.

Hal senada juga di sampaikan Sekda Lamtim Moch Jusuf, hal ini akan kita bahas bersama TAPD untuk melakukan langkah agar bisa dibayarkan sebab saat ini anggaran di Keuangan hanya cukup untuk satu bulan saja. Secepatnya kita akan melakukan rapat pembahasan terkait anggaran siltap agar bisa terbayarkan minimal satu triwulan,” ungkap Sekda. (Harun al-Rasyid)

Komentar

Realita Lampung