oleh

Menteri Pariwisata; Festival Krakatau Tembus Kharisma Event Nusantara 2022

Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, karena Festival Krakatau berhasil menembus Kharisma Event Nusantara 2022.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat membuka acara Pesona Kemilau Festival Krakatau ke-31 Tahun 2022, di Anjungan Agung Terminal Eksekutif Bakauheni, Sabtu (27/08/22).

Sandiaga mengungkapkan, untuk menembus Kharisma Event Nusantara adalah sesuatu yang tidak mudah karena hanya event-event terpilih dan terbaik di Indonesia saja yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara, serta terkurasi dengan penuh kehati-hatian. Sandiaga juga mengapresiasi Festival Krakatau yang mengajak tenaga kesehatan dalam Tour Krakatau.

Menparekraf selanjutnya mengapresiasi Pertumbuhan ekonomi Lampung yang tertinggi se-Indonesia, karena dengan hal tersebut, lapangan kerja baru akan tercipta.

Sandiaga menjelaskan, sesuai arahan Presiden Jokowi, Kemenparekraf ditugaskan untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di sektor Parekraf dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

“Kuncinya inovasi adaptasi dan kolaborasi dalam semangat 3G (Gerak Cepat, Gerak Bersama, Garap Semua Potensi Online),” kata Menparekraf.

Sandiaga kemudian meyakini bahwa Provinsi Lampung kedepan akan menjadi pilihan utama dalam berwisata, karena jarak tempuhnya yang relatif dekat dari Jakarta.

“Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam dari Jakarta, Lampung yang tadinya alternatif, sekarang menjadi pilihan utama. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, akan kita geliatkan lagi, kita tingkatkan lagi potensi wisata di Lampung,” kata Menparekraf.

Terkait pembangunan infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus (Bakauheni Harbour City), Menparekraf menjelaskan bahwa Pembangunan ini sudah ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional.

“Sudah menjadi tugas, kewajiban dan fungsi kami untuk memberi dukungan penuh. Jadi bukan hanya dukungan infrastruktur tapi juga kesiapan SDM-nya dan kesiapan paket-paket wisatanya,” jelas Sandiaga Uno.

Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi menambahkan bahwa pada akhir oktober 2022 ini, Mesjid (Mesjid BSI) yang akan menjadi cikal bakal pembukaan Bakauheni Harbour City akan diresmikan.

“Mesjidnya ikonik, mengusung budaya Lampung. Kemudian sekitar lebaran 2023 nanti, Krakatau Park yang dibangun oleh Jatim Park Group sudah ada disini. Lampung akan menjadi tujuan utama pariwisata, bukan alternatif lagi,” kata Dirut PT ASDP.

“Buat teman-teman, mulailah menabung, siap-siap untuk pergi ke Lampung,” ajak Sandiaga Uno. (**)

• Dinas Kominfotik Provinsi Lampung

Komentar

Realita Lampung