oleh

Keberhasilan Panen Tahun Kedua, Kabupaten Purwakarta Banjir Bawang Merah

Purwakarta – JABAR (RL) : Jajaran Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) bersama para petani yang tergabung dalam Kelompok Taruna Tani Jaya gelar panen raya bawang merah pada lahan seluas 10 hektar di Desa Cikeris, Kecamatan Bojong, Kamis 01 September 2022.

“Alhamdulillah, mulai hari ini dilaksanakan panen bawang merah di Desa Cikeris, Kecamatan Bojong. Bawang merah yang ditanam di lahan seluas 10 hektar ini merupakan upaya bersama antara Pemkab Purwakarta melalui Dispangtan bersama para petani di wilayah setempat yang tergabung dalam Kelompok Taruna Tani Jaya untuk terus meningkatkan produksi pertanian, khusunya bawang merah,” kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Menurutnya, tahun 2022 ini merupakan tahun ke 2 para petani di Purwakarta bisa panen bawang merah. “Setelah di Bojong Timur kita juga berhasil menanam bawang merah, dan tahun ini di Desa Cikeris juga berhasil menanam dengan target panen sebanyak 120 ton,” ujar Ambu Anne.

Ia juga mengungkapkan, penanaman bawang merah di wilayah Purwakarta merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi sayur dan buah di Kabupaten Purwakarta serta penyebarluasan teknologi budidaya hortikultura kepada pihak petani, pelaku agrobisnis hortikultura, pengambil kebijakan dan masyarakat.

“Meski masih dalam masa pandemi, sektor pertanian di Purwakarta terus tumbuh. Kami mencatat pada triwulan III sampai tahun 2021 lalu, sektor pertanian tumbuh 1,35 persen,” ujarnya.

Dengan panen ini ia berharap dapat memotivasi para petani untuk semangat dalam meningkatkan hasil pertanian khususnya sayuran. Apalagi bawang merah menjadi salah satu komoditi yang harganya terus naik dengan adanya inflasi yang terus meningkat. “Harapan saya selaku bupati yaitu panen bawang saat ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Purwakarta dan masyarakat luas,” tuturnya.

Ambu Anne juga merasa bersyukur, karena lahan pertanian di wilayah Kabupaten Purwakarta, sangat baik ditanami bawang merah. Meski sebelumnya sempat diragukan karena berada di dataran tinggi.

“Alhamdulillah, kesuburan tanah di Kabupaten Purwakarta sangat baik, sehingga dapat ditanami bawang merah yang selama ini diragukan ditanam di dataran tinggi. Ternyata di sini cocok dan hasilnya pun bagus, tidak kalah dengan sentra bawang merah di kabupaten atau kota lain,” ujarnya. (Rangga/DP-Red)

Komentar

Realita Lampung