oleh

Desa Pengaringan Kembangkan Rumah Bibit Tanaman Holtikultura

Desa Pengaringan Kecamatan Abung Barat dibawah kepemimpinan Sarkasi selaku Kepala Desa yang dibimbing oleh Camat Abung Barat Gunaido Uthama, SIp, MH, akan mengembangkan Rumah Bibit tanaman holtikultura.

Pembibitan tanaman ini akan dipusatkan di Desa Pengaringan yang pengelolaannya akan di percayakan kepada Pengurus Karang Taruna Tunas Karya Desa Pengaringan untuk dapat meningkatkan atau menambah penghasilan asli desa serta menjadi lapangan pekerjaan baru bagi para generasi muda desa.

Menurut Sarkasi Rumah Bibit ini diharapkan nantinya bisa menjadi percontohan pembibitan tanaman holtikultura bagi masyarakat Lampung Utara khususnya masyarakat desa pengaringan serta menjadi badan usaha desa yang dikelola oleh karang taruna desa.

”Saat ini kita coba mengembangkan bibit terong Putih,pepaya kalifornia,cabai,jahe merah serta tanaman lainnya,hasil pembibitan ini kedepan akan kami pasarkan kesejumlah petani yang dilampung Utara sesuai pesanan,” kata Sarkasi.

Sarkasi juga menjelaskan, lokasi rumah bibit tersebut saat ini ada didesa pengaringan dengan luas bangunan 10 x 12 meter Nantinya rumah bibit ini diharapkan akan bisa memproduksi bibit yang berkualitas untuk pengembangan tanaman holtikultura di Lampung Utara.

Diharapkan ditangan karang taruna desa pengaringan, kedepannya akan berkembangkan untuk menghasilkan bibit tanaman pangan, perkebunan dan juga perikanan, dan dapat dipasarkan sesuai pesanan para petani dengan kualitas yang baik, ungkapnya.

Iqbal Mujahadah Ketua Karang Taruna Tunas Karya Desa Pengaringan sangat mengapresiasi langkah kepala desa pengaringan atas kepercayaannya kepada karang taruna untuk mengelola rumah bibit tersebut, Iqbal menuturkan dirinya dan pengurus karang taruna lainnya akan berusaha dengan keras untuk bisa mengelola rumah bibit tersebut dan menghasilkan berbagai jenis bibit tanaman pangan, holtikultura, perkebunan dan bisa dipasarkan dilampung Utara serta dikembangkan untuk penanamannya oleh para petani di Lampung Utara terutama di daerah daerah yang cocok untuk kawasan pertanian dan perkebunan.

Menurut Iqbal rumah bibit ini akan dikelola untuk bisnis dan lebih memiliki fungsi ekonomi, karena kedepan karang taruna akan fokus kepromosi pemasaran hasil pembibitan dirumah bibit desa pengaringan ini, dan juga kita akan kembangkan desa pengaringan akan menjadi pariwisata agro dan edukatif atau pendidikan. ‘

“Desa pengaringan ini diharapkan kedepannya bisa menjadi percontohan, dalam pengembangan bibit pertanian holtikultura,perikanan serta bisa menjadi destinasi wisata agro, dan pusat edukasi bagi masyarakat khususnya masyarakat Lampung Utara,” katanya.

Komentar

Realita Lampung