oleh

Surga Tersembunyi di Ujung Pantai Moro Demak

Morodemak, Surga tersembunyi ternyata dimiliki oleh Kabupaten Demak, dikawasan Kecamatan Bonang.

Surga tersembunyi tersebut terdapat di kawasan wisata Mangrove di ujung pantai Moro Demak. Akses untuk menuju ke kawasan tersebut ditempuh melalui jalur air menggunakan sampan. Di Desa Wisata Moro Demak juga memiliki wisata budaya syawalan dan sedekah laut yang dilaksanakan setiap tujuh hari pasca lebaran Idul Fitri.

Selain wisata bahari dan budaya, terdapat wisata edukasi yang memperkenalkan flora, fauna dan kearifan budaya lokal yang ada. Dengan demikian wisatawan akan mampu mengisi wawasan kebangsaan melalui kegiatan perjalanan wisata mengenal wilayah dan potensi sumber daya lokal.

Di Desa wisata Moro Demak juga bisa melihat banyak masyarakat setempat membuat perahu tradisional dalam wujud besar dan miniatur yang biasanya dilarung dalam prosesi syawalan. Selain wisata bahari, budaya dan edukasi, terdapat wisata kuliner yang menyuguhkan masakan khas berupa rujak pedo dan krupuk ikan Moro.

Jati Park

Desa Jragung merupakan desa paling selatan di Kab. Demak, yang terletak di Kecamatan Karangawen. Keberadaannya yang terletak dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan, membuat letak geografis Desa Jragung dikelilingi oleh perbukitan dan hutan yang membuat lingkungan nampak sejuk.

Di Desa Jragung sendiri terdapat kawasan wisata Jati Park yang cukup menarik untuk dijadikan objek bersua foto para wisatawan. Ketika dedaunan pohon Jati berguguran, menciptakan suasana musim gugur ala negeri Gingseng (Korea).

Selain kawasan Jati Park yang dimiliki Desa Wisata Jragung, juga memiliki wisata sebuah sendang, di mana dikenal dengan sebuatan Sendang Wuluh. Di mana sumber mata air yang berada di Sendang tersebut dipercaya oleh para wisatawan yang datang, sebagai perantara penyembuh penyakit.

ISTAMBUL

Desa Wisata Tambakbulusan yang terletak di Kecamatan Karangtengah memiliki keunikan dibandingkan desa wisata yang lain. Daya tarik tersebut seperti :
1. Wisata bahari
2. Wisata kuliner
3. Wisata budaya
Wisata bahari yang terkenal di Desa wisata ini adalah pantai Istambul, sebelum kita sampai ke pantai ini kita akan melaluinya dengan perahu wisata dan kita akan dimanjakan dengan pemandangan serta track mangroove yang menyejukan mata. Di Desa Tambakbulusan memiliki maskod yang diberi nama tam tam dan bul bul bul yaitu akronim dari tambakbulusan. Setelah lelah menikmati pantai Istambul kita juga bisa menikmati kuliner yang akan memanjakan lidah ita seperti ingkung bandeng dan olahan ikan laut lainnya. Wisata budaya yang ada di Tambakbulusan adalah sedekah bumi pada bulan apit dan sedekah laut bulan syawal.

Watu Lempit

Destinasi wisata Watu Lempit yang terletak di kawasan Girikusumo, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak merupakan kawasan wisata yang menyuguhkan suasana gemercik air yang mengalir melewati sela-sela kontur batu yang rapat dan berlipat tersebut akan sungguh menenangkan siapa saja yang datang berkunjung ke sana. Ditambah dengan desir sepoi angin yang membelai lembut dedaunan, di kisaran hutan yang mengelilinginya amat sangat mendukung wisatawan yang datang berkunjung ke sana.

Salah satu wisata yang patut direkomendasikan kepada para wisatawan yang singgah dan datang berkunjung ke Kabupaten Demak. Di mana kejernihan airnya sungguh amat sangat memanjakkan mata.

SIBAT

Wisata Reduksi atau rekreasi dan edukasi yang menarik di Kab. Demak yang cocok dikunjungi adalah wisata SIBAT.

SIBAT sendiri merupakan wisata edukasi yang memfasilitasi informasi mengenai Siaga Bencana Berbasis Masyarakat yang mendapatkan bantuan dari Pihak Pemerintah Amerika Serikat, yaitu Palang Merah Amerika Serikat yaitu Bulan Sabit

Pantai Onggojoyo

Pantai Onggojoyo merupakan sebuah daratan pasir sepanjang 1 Km dari hasil sedimentasi di muara Sungai Kumpulan akibat pertemuan arus sungai dan ombak Laut Jawa. Terletak di muara sungai kumpulan desa Wedung, secara geografis lebih dekat dengan desa Berahan Wetan namun diklaim oleh perangkat desa Wedung kecamatan Wedung sebagai bagian Wilayahnya. Pada tahun 2016 untuk pertama kali diadakan dan diresmikan oleh Kades desa Wedung sebagai tempat wisata Syawalan dan sedekah laut. Syawalan sendiri merupakan tradisi masyarakat pesisir Demak 7 hari setelah hari raya Idul fitri. Untuk menjaga kelestarian wilayah tersebut sering diadakan kegiatan menanam Mangrove oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Tengah dan juga warga sekitar. Baru baru ini pada bulan November 2017 diadakan kegiatan menanam ratusan pohon kelapa oleh Bupati Demak M. Natsir.

Pantai Onggojoyo sendiri biasa menjadi tempat perayaan Syawalan oleh masyarakat setempat, setelah hari Ke-7 di Bulan Syawal. Dengan menggunakkan transportasi perahu, masyarakat merayakan gegap gempitanya di pantai yang berada di tengah laut.

Tracking Mangrove Babalan

Kawasan ekowisata tracking mangrove di Desa Babalan Kecamatan Wedung merupakan salah satu ekowisata andalan yang dimiliki Kabupaten Demak. Di kawasan ini terdapat hutan mangrove seluas 900 meter persegi yang merupakan hasil kerjasama dengan Sibat PMI.

Disini, masyarakat bisa melintasi tracking sepanjang 300 meter. Untuk menuju hutan mangrove, pengunjung bisa menggunakan perahu dengan tarif lima ribu rupiah. Pemandangan asri khas mangrove bisa pengunjung dapatkan di ekowisata ini. (**)

• Sumber : Dinas Pariwisata Demak

Komentar

Realita Lampung