oleh

Kabur, Aparat Buru Pelaku Penimbunan BBM Bersubsidi

JA diduga pelaku sekaligus pemilik gudang penimbunan BBM bersubsidi di Desa Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Lampung Utara menghilang dari sergapan parat.

Padahal dilokasi penggerebekan ada Kapolres Lampung Utara (Lampura) AKBP Kurniawan Ismail dan Dandim 0412 Letkol. Inf. Andi Sultan dan sejumlah aparat TNI dan Polri yang ikut serta dalam penggerebekan. Sebelum kabur, JA sempat dimintai keterangan oleh awak media.

Aparat TNI dan Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres dan Dandim sempat melakukan penyisiran untuk dilakukan pencarian dilokasi penggerebekan hingga kerumah-rumah tetangga. Namun upaya yang dilakukan sia-sia JA tidak berhasil ditemukan.

JA mengaku dirinya menjalani profesi pengecoran BBM ini sudah berlangsung lama yakni sekitar 15 tahun. Dalam menjalani profesinya dirinya mengaku memiliki surat dokumen atas kebijakan dari Camat dan Kepala Desa setempat.

“Sudah tahunan, Sudah ada surat kebijaksanaan dari pemerintah setempat yakni Camat dan Pak Kades,” kata JA saat dikonfirmasi, Senin malam (12/9/2022).

Dikatakannya, ribuan liter BBM bersubsidi jenis Solar dan Pertalite ini dibeli dari SPBU yang berada di Desa Kalibalangan. Kemudian lanjut dia, solar dan pertalite ini dijual ke wilayah Kecamatan Bunga Mayang.

“Untuk pertalite dibeli 10 ribu perliter, setiap Gerigen isi 34 liter udah. Kemudian kita dikenakan biaya tambahan 5 ribu per liternya,” jelasnya.

Lebih lanjut, JA menjelaskan dirinya mengambil keuntungan dari nilai jual pertalite perliter sebesar 1000 rupiah.

“Kita beli 10 ribu perliter, Jual kepada konsumen di Bungamayang 11 ribu, Kita hanya ngambil keuntungan dari Jatah cor dan ongkos saja,” tuturnya.

Untuk diketahui, penyalahgunaan BBM bersubsidi ini adalah tindak pidana sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, Pasal 53 sampai dengan Pasal 58, dan diancam dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp. 60.000.000.000,00 (enam puluh miliar rupiah). (DQ/RD)

Sebelumnya : Tim Gabungan Gerebek Gudang BBM

Komentar

Realita Lampung