oleh

Tegakkan Keadilan Walau Langit Runtuh

Tegakkan Keadilan Walau Langit Runtuh 
• Penulis : Pranata Riano

Kinerja Kepolisian Resort (Polres) Lampung Utara dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) belakangan ini rasa-rasanya cukup layak untuk diapresiasi.

Teranyar kasus dugaan OTT yang melibatkan oknum Kepala Desa beserta sejumlah aparatur perangkat setingkat dibawahnya. Tepatnya Desa Karang Agung, Kecamatan Kotabumi Selatan.

Masih segar dalam ingatan, hal serupa pernah menimpa salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang secara kebetulan berkaitan dengan Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD). Sayangnya kasus pada instansi dimaksud belakangan nyaris tak terdengar kabarnya.

Padahal tak sedikit masyarakat ingin mengetahui endingnya. Bukan tanpa alasan mereka sepertinya penasaran. Sebab pada awal-awal kejadian, tak sedikit media yang begitu masif memburu pemberitaan soal sangkaan yang ditujukan kepada para terduga pelaku.

Apalagi konferensi pers beberapa lalu yang dilakukan aparat penegak hukum ramai dan sempat viral di kalangan pewarta. Tak hanya pewarta, bahkan masyarakat umum yang ingin mengetahui dugaan kasus tersebut ikut larut menantikan.

Sayang seiring berjalannya waktu, kasus yang melibatkan para terduga pelaku tersebut nyaris tak seperti yang diprediksi banyak kalangan. Namun di lain sisi, tak bijak pula rasanya bila meragukan keyakinan kinerja para penegak hukum untuk sesegera mungkin menuntaskan perkara-perkara itu.

Terlebih dalam menjalankan tugasnya, para penegak hukum tersebut diyakini berangkat dari komitmen tulus untuk meminimalisir segala bentuk tindak kriminalitas di Bumi Ruwai Jurai.

Pada momentum ini, wajar bila masyarakat awam banyak yang berharap agar perkara-perkara hukum itu dapat sesegera mungkin diselesaikan. Sehingga pendapat atau apapun sebutannya tak mewarnai obrolan-obrolan negatif di ruang publik.

Walaupun diketahui, dalam penyelesaian suatu kasus tak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab ada banyak proses disana. Namun paling tidak dapat memberikan semua masyarakat umum semakin bangga terhadap kerja-kerja para penegak hukum.

Seperti adagium yang sangat populer dalam dunia hukum fiat justitia ruat coelum atau fiat justitia pereat mundus – sekalipun esok langit akan runtuh, meski dunia akan musnah, atau walaupun harus mengorbankan kebaikan, keadilan harus tetap ditegakkan. (**)

Komentar

Realita Lampung