oleh

Wisata Air Terjun, Curup Selampung Butuh Perhatian

Pemerintah Desa Gunung Betuah Kecamatan Abung Barat bersama masyarakat berharap akan ada realisasi dari Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui dinas terkait dan Pemerintah Provinsi Lampung untuk melakukan pengembangan terhadap obyek wisata.

Sebagaimana diketahui obyek wisata air terjun atau yang lebih dikenal dengan Curup Selampung yang ada di Desa Gunung Betuah kecamatan Abung Barat merupakan slaah satu obyek wisata yang menjadi aset daerah Pemerintah Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung.

Disampaikan Kepala Desa Gunung Betuah, Murni kondisi menuju obyek wisata tersbeut terbilang sulit akan akses untuk turun ke lokasi keberadaan air terjun Curup Selampung.

Hal itu dikarenakan kondisinya saat ini masih menggunakan tangga yang terbuat dari kayu yang dibuat oleh masyarakat dan masih banyak yang harus diperbaiki. 

Seperti pembersihan terhadap kayu-kayu yang roboh akibat tanah yang telah longsor dan belum ada tempat untuk mengganti pakaian (kamar mandi/ganti serta WC bagi para wisatawan yang ingin mandi atau bermain di Curup Selampung tersebut, ujar Murni, Selasa 20 September 2022.

Dijelaskannya, Curup Selampung berada diperbatasan 3 Dusun, ya itu Dusun 1 Dusun 3 dan Dusun 4 Desa Gunung Betuah. Pada hari minggu lalu masyarakat setempat melakukan gotong royong untuk membersihkan area sekitar air terjun Curup Selampung agar lebih layar dan aman untuk para pengunjung yang ingin berwisata ke Curup Selampung tersebut.

Allhamdulilah setelah kami perbaikannya akses untuk mencapai Curup Selampung dengan bergotong royong bersama warga Desa Gunung Betuah, yang dilakukan pada hari sabtu dan minggu lalu, para wisatawan sudah mulai berdatangan mengunjungi curup itu meskipun hanya 2 sampai 5 orang, katanya.

Sekdes Desa Gunung Betuah, Sartono mengatakan, Curup Selampung sudah ada sejak dari tahun 1970 dan nama Curup Selampung merupakan nama sesepuh Desa gunung Betuah, Curup Selampung sempat Ramai pada massanya dan tutup karena akses yang sulit untuk mencapai Curup Selampung ditambah tangga untuk turun ke lokasi hancur dan banyaknya area sekitar yang longsor Curup Selampung terbilang terbengkalai tidak terawat selama bertahun-tahun.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah desa melalui lepala desa dan masyarakat meminta agar Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwistaa untuk dapat melihat dan ikut berpartisipasi memberikan kontribusinya agar wisata air terjun Curup Selampung mendapatkan perhatian sehingga menjadi salah satu obyek wisata yang layak serta aman bagi masyarakat yang berkunjung.

Diharapkannya, kepada pemerintah pusat dan daerah agar membantu memelihara wisata yang ada di Desa Gunung Betuah agar masyarakat sekitar dapat merasakan manfaat dari keberadaan Curup Selampung untuk menjaga, melestarikan wisata daerah yang ada. Selian itu bisa menambah penghasilan masyarakat jika obyek wisata tersebut dapat benar-benar dibenahi. (Budi Irawan)

Komentar

Realita Lampung