oleh

Manfaat Meminta Maaf

• 4 Manfaat Meminta Maaf atas Kesalahan, Salah Satunya Tidak Pendendam
• Juandi Manullang

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Baik itu kesalahan besar maupun kecil. Atas kesalahan itu pula, banyak orang yang meminta maaf dan ada juga yang tidak mau karena merasa tak bersalah.

Bagi yang tidak mau meminta maaf maka masalahnya akan berlanjut terus bahkan dapat menimbulkan dendam diantara kedua belah pihak yang dapat merusak hubungan persaudaraan. Sebab itu, alangkah baiknya selalu meminta maaf jika melakukan kesalahan karena memiliki manfaat.

Berikut 4 manfaat meminta maaf atas kesalahan:

1. Tidak ada dendam

Dengan meminta maaf, sudah pasti masalah akan selesai dan tidak menimbulkan dendam. Jadi, kata maaf mampu menekan adanya perselisihan diantara kedua belah pihak. Namun harus diingat juga kata maaf mampu menyelesaikan masalah yang biasa antar individu, bukan menghilangkan tindak pidana berat yang dilakukan seseorang. Jadi, dengan kata maaf mampu memberikan keindahan dalam sebuah hubungan.

2. Menciptakan keharmonisan

Meminta maaf atas kesalahan akan menciptakan keharmonisan dalam sebuah hubungan. Contohnya, ketika kamu punya salah terhadap pasanganmu dan kamu meminta maaf dan tak akan mengulanginya lagi, maka itu akan menciptakan keharmonisan dalam hubungan.

Pasangan akan menerima maafmu dan berjanji tidak melakukan lagi. Inti dari kata maaf adalah menciptakan keharmonisan.

3. Menghentikan ketegangan

Meminta maaf juga mampu menghentikan ketegangan. Dalam hal ini kita bawa dalam sebuah konflik bersenjata. Terkadang, konflik bersenjata dapat disebabkan ucapan salah, meremehkan dan mencaci maki sehingga sebuah negara marah dan akan melakukan upaya tegas untuk menyelesaikan masalah yaitu dengan perang.

Patut diketahui, kalau meminta maaf secara terbuka, apalagi disorot media-media kata maaf yang tulus, maka ketegangan akan berkurang. Tidak ada lagi konflik yang bisa merusak fasilitas dan menewaskan banyak orang.

4. Mencerminkan kebaikan Tuhan

Hal keempat yang patut kita ketahui adalah manfaat meminta maaf adalah contoh cerminan kebaikan Tuhan. Sadarkah kita bahwa Tuhan itu maha pemaaf? Kita banyak berdosa di dunia ini, tetapi tidak pernah dibalasnya.

Bisa saja Tuhan membalas kesalahan kita dengan mencabut nyawa dan memberikan bencana alam dalam bentuk besar, namun tidak dilakukan oleh Tuhan. Karena itulah, Memaafkan adalah cerminan kebaikan dari Tuhan yang wajib kita tiru dalam kehidupan di bumi ini.

Itulah 4 (empat) manfaat meminta maaf yang harus kita ketahui agar kedepannya kita bersedia memaafkan orang lain dan mengucapkan terlebih dahulu kata maaf. Semoga bermanfaat. (**)

Sumber : yoursay.suara.com

Komentar

Realita Lampung