oleh

Anggota DPR RI Gelar Bimtek Mutu Nilai Tambah Produk Perikanan 

Upaya meningkatkan nilai tambah di sektor produksi haisl budidaya ikan sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan masyarakat Komisi IV DPR RI menggelar bimbingan tekhnis (Bimtek).

Bimtek mutu dan nilai tambah produk perikanan ini dilakukan untuk ibu-ibu pengiat produk perikanan di Kabupaten Lampung Utara, yang berlangsung di aula Hotel Cahaya Kotabumi, Rabu 26 Oktober 2022.

Bimbingan tekhnis ini dihadiri langsung oleh Alimin Abdullah anggota Komisi IV DPR RI, dan staf ahli kemasyarakatan hubungan antar lembaga Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Budi Sulistiyo dan acara diikuti oleh ibu-ibu pengiat produk perikaman Kabupaten Lampung Utara.

Dalam kegiatan tersebut, Alimin Abdullah menyampaikan, bimtek itu bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat terlebih bagi kelompok masyarakat yang telah membudidayakan ikan. 

Selian itu sebagai upaya pemerintah daerah melalui sektor perikanan untuk lebih mengenalkan produk olahan yang diciptakan masyarakat yang bersumber dari perikanan di Lampung Utara Provinsi Lampung untuk bisa dipasarkan ke luar daerah.

Dijelaskannya, tujuan bimtek tersebut untuk membrikan pembekalan kepada pelaku usaha khususnua di bidang pengolahan perikan agar produk yang dihasilkan memenuhi standar jaminan dan keamanan.

Pada kesempatan itu juga staf ahli hubungan antar lembaga KKP, Budi Sulistiyo menyampaikan, dengan telah diberikannya bimbingan tekhnis tersebut diharapkannya kedepan untuk prodak yang dihasilkan dari olahan ikan lebih terjamin dan memiliki kualitas dipasaran.

Kegiatan ini sangat penting agar produk yang dihasilkan mempunyai jaminan kualitas dan akan menjadi modal daya saing menembus pasar domestik maupun yang lebih luas, ujar Budi Sulistiyo 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi menyampaikan, berdasarkan data yang ada di instansi yang dia pimpin tersebut memiliki lima daerah yang menjadi target dalam pengembangan budidaya ikan. 

Untuk saat ini di Kabupaten Lampung Utara dari pemetaan titik lokasi kolam sudah dua wilayah yang telah berjalan, ya itu ada di wilayah Kecamatan Abung Tinggi dan Tanjung Raja. 

Selain dua wilayah kecamatan itu, lanjutnya, untuk pemetaan titik lokasi kolam ikan kelompok perikanan yang ada di Kabupaten Lampung Utara, selain dari Kecamatan Abung Tinggi, Tanjung Raja yang sampai saat ini prosesnya terus berjalan juga ada di wilayah Kecamatan Bukit Kemuning, Abung Tengah dan Abung Barat.

Ditambahkan Sanny Lumi, sejak masa pandemi hingga saat ini sektor yang masih terus menggeliat ditengah-tengah masyarakat ya itu diperikanan. (AG/RD)

Komentar

Realita Lampung