oleh

Gerakan Nasional Aksi Bergizi di SMP Negeri 2 Banjar Agung, 300 Siswa Mendapat Tablet Penambah Darah

Kementerian Kesehatan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang menggelar kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi (GNAB) Tahun 2022 dengan tema “Cegah Anemia Remaja Indonesia” (Ceria) di SMPN 2 Banjar Agung, Rabu (26/10/2022).

Sebagai bentuk dukungan, Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Ristu Irham hadir dilokasi. Pada kegiatan itu, sebanyak 300 siswa SMPN Negeri 2 Banjar Agung mendapatkan tablet penambah darah.

Masing-masing siswi diberikan sebanyak 4 tablet. Untuk hari ini diminum satu tablet, lalu minggu berikutnya minum satu tablet dan seterusnya. Siswa yang mendapatkan tablet akan dipantau oleh tim UKS. Di usahakan untuk meminum tablet secara serentak atau bersama-sama.

Ditargetkan, setelah murid tersebut mengkonsumsi tablet penambah darah mereka lebih semangat untuk belajar, berkegiatan dan meningkatkan kecerdasan mereka.

Kepala SMPN 2 Banjar Agung Yenny Sofyan, S.Pd., M.Pd. menuturkan, agenda hari ini di SMP Negeri 1 Banjar Agung adalah kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang serempak dilakukan diseluruh Indonesia.

Menurut Yenny, rangkaian kegiatan antara lain lomba Jinggle dan lomba makanan sehat menarik. Kemudian ada juga membudayakan makan sehat berupa sayur dan buah dan lainnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Ristu Irham yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Solihin mengatakan, pada prinsipnya hari ini adalah agenda Gerakan Nasional Aksi Bergizi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dalam hal ini, Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang mensuport sekolah-sekolah yang menggelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat nasional. Dengan mengerahkan sekolah-sekolah untuk mendukung aksi bergizi tingkat nasional ini.

Masih menurut dia, hari ini pencanangan. Dengan mengkondisikan sekolah-sekolah dan menghimbau para siswa dan melakukan aksi agar anak-anak gizinya terjaga. Dengan meminum obat penambah darah selama beberapa minggu.

“Dengan bekerjasama dengan pihak Puskesmas, dan Dinas Kesehatan. Kemudian kita anjurkan anak-anak itu untuk sarapan yang bergizi dan olahraga yang teratur,” ujarnya.

Dia melanjutkan, hal itu merupakan suport dari Dinas Pendidikan. Prinsip keluarga besar Dinas Pendidikan, Bupati Kabupaten Tulang Bawang sangat mendukung aksi bergizi tingkat nasional ini.  

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Solihin mengatakan, pada hari ini kita telah memberikan tablet tambah darah kepada siswa dan siswi yang ada di Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang. Kemudian olah raga menggerakkan tubuh dan sarapan pagi yang bergizi.

“Tentu ini  berdampak sekali terhadap pencapaian prevelansi stunting di Tahun 2024 yang sebesar 14 persen,” tandasnya.

Ditanya sasaran program? Solihin menjawab, ditargetkan khusus untuk kelas VII, kelas VIII dan IX. Kegiatan ini menurut dia, sudah dimulai sejak hari Minggu. Selain di SMP Negeri 2 Banjar Agung, kegiatan ini juga diselenggarakan di SMP Negeri 1 Banjar Margo. 

“Hari ini perdana pencanangan (GNAB). Sebenarnya kegiatan sudah dimulai sejak hari Minggu kemarin. Tentunya target kita untuk terus menurunkan angka prevelansi stunting di tingkat nasional,” tutupnya. (Rudianto)

Komentar

Realita Lampung