oleh

Legislatif Bersama Eksekutif Sepakat Gali PAD Capai 200 Miliar

Ketua DPRD Lampung Utara, Wansori, SH, bersama Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, SH, foto: ist

Upaya mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) ekskutif bersama legislatif Kabupaten Lampung Utara terus berkolaborasi menyatukan pendapat guna tercapainya target pendapatan Rp200 miliar pada tahun 2023.

Ketua DPRD Lampung Utara, Wansori, SH, menuturkan, sebagai langkah untuk meningkatkan PAD Kabupaten Lampung Utara pada tahun 2023 agar bisa terpenuhi pihaknya (Legislatif) terus melakukan koordinasi dengan pihak eksekutif (Pemda). 

Dalam membahas hal ini, kata Wansori, pihaknya juga telah melakukan rapat dengar pendapat dengan tim anggaran eksekutif, yang isinya membahas tentang langkah-langkah dan upaya yang harus dilakukan untuk peningkatan PAD tahun 2023.

Rapat ini, dilakukan dirinya ( Wansori selaku Ketua DPRD) bersama Wakil Ketua I Madri Daud, Wakil Ketua II Dedi Sumirat dan Wakil Ketua III Joni Saputra serta Banang, yang diikuti langsung oleh Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra bersama Sekda, kepala OPD di lingkup Pemkab setempat.

Lebih lanjut, disampaikan Wansori, dalam hal ini kondisi Lampung Utara sama-sama diketahui tidak bisa melesat dalam melakukan peningkatan disegala bidang bila tidak semua unsur bergendengan tangan dan menyatukan visi misi untuk kemajuan.

Kita sama-sama mengetahui bahwa situasi kita kedepan tidak bisa hanya mengandalkan sumber-sumber dana dari pemerintah pusat saja, maka diperlukan gagasan dan inisiasi dari semua elemen, saya selaku Ketua DPRD telah melaksanakan rapat dengan tim anggaran eksekutif, ujarnya, mengungkapkan langkah legislatif dalam mendorong peningkatan PAD Kabupaten Lampung Utara kedepan.

Untuk itu, kami meminta kepada tim anggaran di eksekutif dalam hal ini Pemerintah Daerah untuk menggali potensi PAD agar PAD kita itu naik atau mencapai target. Karena banyak sumber-sumber PAD yang belum tergali. 

Contohnya, belum maksimalnya retribusi parkir pajak air di bawah tanah, terus pajak-pajak lainnya seperti pada pajak restoran, makan minum dan banyak hal-hal lain.

Sebagaimana disampaikan oleh pimpinan-pimpinan DPRD berkaitan dengan PAD. Oleh karenanya di APBD tahun 2023, saya berharap kenaikan PAD benar-benar maksimal. Karena pada saat APBD 2022 PAD itu 99,9 miliar. 

Jadi target kami (DPRD) ini dalam hal melaksanakan fungsi pengawasan berkaitan dengan OPD-OPD yang memiliki sumber PAD tidak ada kata tidak, dia harus naik menjadi 200 miliar, ungkap Wansori.

Setelah rapat itu digelar, lanjutnya, pihak legislatif juga sudah menyampaikan dengan eksekutif dan Wakil Bupati Lampung Utara sangat setuju untuk target PAD pada tahun 2023 Rp200 miliar.

Ini telah menjadi kesepakatan kami bersama mungkin dalam agenda ke depan kami akan rapat rutin dengan membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan upaya dan langkah untuk membuat kemajuan di bumi Ragem Tunas Lampung (Lampung Utara), ujarnya.

Disampaikannya juga, sebagai langkah dan respon dari eksekutif, Wakil Bupati Lampung Utara juga sudah menyatakan akan membentuk tim bersama DPRD untyk mewujudkan target PAD pada tahun 2023 menjadi Rp200 miliar.

Untuk itu kepada masing-masing dinas instansi yang memiliki sumber pendapatan asli daerah agar benar-benar serius dan fokus dalam menjalankan peran dan tugasnya.

“Saya minta kepada Pemerintah Daerah agar menempatkan SDM-SDM PNS yang dibidangi instansi yang berkaitan, dengan tujuan tergalinya sumber-sumber PAD,” kata Wansori. (As/RD)

Komentar

Realita Lampung