oleh

Sosialisasi Biopori, TP PKK Pesisir Barat ; Mari Kita Ciptakan Sumur Resapan Hayati

Ketua TP-PKK Pesisir Barat yang diwakili oleh Wakil Ketua TP-PKK Pesisir Barat Yulnawati Zulqoini Membuka Kegiatan Sosialisasi Biopori “Dengan metode biopori mari kita ciptakan sumur resapan serta keanekaragaman hayati dalam tanah”, yang bertempat di Sekretariat TP-PKK Pesisir Barat Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (07/11/2022).

Dalam sambutannya, Yulnawati Zulqoini menyampaikan bahwa biopori adalah lubang resapan yang dibuat vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang bertujuan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

“Peningkatan daya resap air pada tanah dibuat dengan cara membuat lubang pada tanah dan menimbun dengan sampah organik. Karena sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang biopori akan menghasilkan pupuk organik (kompos). Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang biopori akan menghidupi fauna tanah, yang selanjutnya akan mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Pori-pori didalam tanah inilah yang disebut dengan biopori”, jelasnya.

Selanjutnya, sampah organik yang di hasilkan setiap rumah tangga bila di masukan ke dalam tanah akan segera di manfaatkan keanekaragaman hayati dalam tanah, sementara itu sampah yang tidak lapuk dapat kita manfaatkan untuk di daur ulang dan air hujan yang cepat meresap kedalam tanah sebagai simpanan air untuk menjamin ketersediaan air di masa kemarau.

“Kami berharap agar ibu-ibu peserta sosialisasi dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari apa yang narasumber sampaikan, dan dapat segera mengaplikasikan ilmu nya di lingkungan masyarakat sekitar kita”, pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, TP-PKK Kabupaten, Narasumber Muchtar Husin, S.P, Peserta Sosialisasi TP-PKK Kecamatan, dan TP-PKK Pekon beserta Pokja masing-masing. (Noval)

Komentar

Realita Lampung