oleh

Pastikan Ujian SIM Berjalan Sesuai Prosedur Kapolres Lampung Utara Sidak Satpas SIM

Pastikan Ujian SIM Berjalan Sesuai Prosedur dan Tidak Ada Pungli, Kapolres Lampung Utara Sidak Satpas SIM

Pastikan pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) sesuai prosedur di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM pada Satuan Lalu Lintas Kapolres Lampung Utara melakukan peninjauan.

Peninjauan ini dilakukan Kapolres AKBP Kurniawan Ismail, S.H,. S.I.K., M.I.K. guna memastikan pelaksanaan pelayanan di Satpas SIM berjalan sesuai dengan prosedur dan tidak ada pungli, inspeksi mendadak (sidak) ini berlangsung pada, Rabu (9/11/2022).

Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan menjelaskan, pagi tadi dirinya melakukan pengecekan dilokasi pelayanan SIM, “saya cek langsung di tempat ujian praktek,” ujarnya.

Masyarakat yang ingin mendapatkan SIM tidak seperti mendapatkan KTP, harus dilakukan ujian / test, mereka harus memenuhi syarat.

“Jadi ujian praktek harus dilksanakan dengan betul dan sesuai prosedur dan saya pastikan tidak terjadi pungli,. Bagi masyarakat yang gagal dalam ujian SIM diberikan waktu untuk mengulang kembali, serta saya perintahkan Satlantas untuk membuka Bimbel bagi masyarakat yang gagal ataupun ingin mengikuti ujian SIM” imbuh AKBP Kurniawan.

Selain itu lanjutnya, materi ujian praktek ini adalah untuk mengetahui kemampuan berkendara, baik itu dari segi kemampuan, insting serta keterampilan dalam mengemudikan kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil.

“Kita juga membuka bimbingan bagi masyarakat yang kesulitan lulus ujian, kita lebih proaktif dengan memberikan bimbingan di jam-jam kerja supaya mereka lebih siap untuk menghadapi test pembuatan sim,” kata Kapolres.

Secara terpisah, salah satu warga peserta ujian SIM “Samsudin” menyampaikan rasa terima-kasihnya kepada petugas, karena sebelum ujian / test, oleh petugas lebih dahulu diberikan kesempatan untuk latihan, alhamdulillah saya dinyatakan lulus dan telah mendapatkan SIM dengan biaya administrasi sesuai yang tertera pada daftar PNBP,” ucapnya.

Komentar

Realita Lampung