oleh

Sambut HUT DWP 23, Wabup Way Kanan Buka Festival Budaya Daerah

Dalam rangka menyanbut hari ulang tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke 23 tahun 2022 Wakil Bupati Way Kanan membuka festival budaya daerah.

Pembukaan acara festival budaya daerah ini berlangsung di Gedung Serbaguna Pemkab Kabupaten Way Kanan pada, Rabu 16 November 2022.

Digelarnya kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT Dharma Wanita persatuan yang ke 23 tahun 2022, untuk itu diharapkan Wabup Way Kanan Ali Rahman bisa dijadikan upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah sebagai salah satu khasanah kebudayaan nasional.

Kegiatan yang dilaksanakan ini atas Kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Dharma Wanita Persatuan dan dilaksanakan dengan Tema Pelestarian Kebudayaan untuk mewujudkan Pembangunan Berkarakter Kebangsaan Sebagai Jati Diri Daerah.

Disampaikan Wabup Way Kanan Ali Rahman, bahwa NKRI merupakan negara yang memiliki berbagai kebudayaan dari sabang sampai Merauke. Dimana budaya tersebut merupakan peninggalan dari nenek moyang yang semestinya pasti akan diturunkan kepada generasi penerus agar budaya itu tidak punah.

Akan tetapi, pada kenyataannya banyak generasi muda yang kurang peduli dengan budaya peninggalan nenek moyang tersebut. Sehingga perlu diadakannya sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan nilai-nilai didalam suatu masyarakat agar budaya yang kita miliki ini tidak punah, ujar Wabup Ali Rahman.

“Saya selaku Pemerintah Kabupaten Way Kanan memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan yang telah melaksanakan kegiatan festival budaya sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya. Karena kecenderungan terjadinya pergeseran nilai-nilai budaya menuntut semua pihak untuk terlibat dalam pelestarian nilai-nilai budaya Bangsa termasuk nilai-nilai budaya Nasional,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan, Machiavelli, HT, S.STP, M.Si menjelaskan, bahwa kegiatan festival budaya daerah Kabupaten Way Kanan dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi di Kabupaten Way Kanan yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas, serta membangkitkan rasa cinta bagi generasi muda terhdap budaya local, ucapnya.

“Kegiatan ini diikuti oleh sekolah sekolah yang ada di Way Kanan baik tingkat SD, SMP bahkan sampai Sekolah Menegah Atas dan SMK, dan Alhamdulillah kita juga menerima untuk Umum dalam pelaksanaan lomba ini,” lanjutnya.

Diketahui festival dilaksanakan selama tiga hari 16 hingga 18 November dan perlombaan yang diadakan Pop Lampung, Lomba Melukis Kreasi Batik, Lomba Tari Kreasi Lampung, Lomba Pisaan, Lomba Gitar Tunggal Klasik dan Lomba Gamelan. (M9G)

Komentar

Realita Lampung