oleh

Kampung Karya Murni Jaya Salurkan Bantuan Langsung Tunai Untuk 80 KPM

TULANG BAWANG – Sebanyak 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kampung Karya Murni Jaya, Kecamatan Banjar Baru mendapat dana Bantuan Langsung Tunai (BLT). Camat Banjar Baru berharap bantuan dapat bermanfaat untuk masyarakat.

BLT yang dananya bersumber dari Dana Desa (DD) Kampung Karya Murni Jaya Tahun Anggaran 2022 tersebut, disalurkan langsung kepada masyarakat di balai kampung setempat, Selasa (06/12). BLT itu merupakan program pemerintah pusat dalam rangka penanggulangan dan pencegahan serta yang terdampak Covid-19

Hadir dalam acara penyaluran BLT-DD tahap 4 yakni Kepala Kampung Karya Murni Jaya Agus Gunawan, Camat Banjar Baru Wayan Wila Rahula Putra. S. I. P, Bhabinkamtimbas Aipda Jenny Alfianto. SH, Ketua Badan Perwakilan Kampung Mujianto, Pendamping Desa setempat Edi Setiawan, Ketua LPMK Samirun, Sekretaris Desa, segenap aparatur kampung setempat, dan 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dijelaskan Kepala Kampung Karya Murni Jaya Agus Gunawan, dari 80 KPM diketahui ada satu warga atas nama Mimik yg meninggal dunia pada Bulan November lalu. Kendati demikian ahli warisnya masih berhak mendapatkan BLT 1 bulan. Untuk selanjutnya ada peralihan penerima manfaat yang diberikan kepada Margono.

“Dalam peralihan tersebut kami sudah berkoordinasi dengan lembaga dan pendamping desa,” ucap cak momon, panggilan akrab Agus Gunawan.

Masih kata cak Momon, BLT ini diberikan untuk periode Bula Oktober, Nopember dan Desember (3 bulan) untuk atau tahap 4 di Tahun 2022. Dengan nominal sebesar 300.000 rupiah perbulan. Dengan total 900.000 per KPM.

“Manfaatkan dengan baik, dan pergunakan uangnya untuk keperluan yg memang menjadi kebutuhan sangat penting, beli sembako atau mungkin bisa dipakai untuk beli obat atau vitamin,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Banjar Baru Wayan Wila Rahula Putra. S. I. P atau yang di akrab disapa bli Wayan menyampaikan harapannya, apa yang diberikan pemerintah semoga bermanfaat bagi masyarakat terutama 80 yang menerima BLT. Karena memang ini masih bersifat program stimulan dari pemerintah bagi masyarakat yg terdampak Covid-19.

“Jangan berharap banyak untuk tahun 2023 karena belum tentu ada BLT seperti ini. Karena untuk Tahun 2023 ada kriteria yang mendapatkan bantuan tersebut yaitu kategori keluarga miskin extrim. Gunakan dana bantuan ini untuk keperluan yg bermanfaat,” pungkas bli Wayan di penghujung pidato sambutannya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kampung Karya Murni Jaya Aipda Jenny Alfianto, SH dalam pidao sambutannya menyoroti masalah keamanan kampung. Dia mengajak masyarakat agar selalu giat melaksanakan ronda malam atau siskamling, guna mencegah serta meminimalisir orang yang akan berbuat kejahatan.

“Dan dengan adanya Bhabhinkamtibmas akan bisa menampung laporan keluhan dan keresahan masyarakat. Baik masalah keamanan dan yang lainya bisa segera di tindak lanjuti,” ujarnya.

Salah seorang warga penerima bantuan mengatakan dirinya berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memberi Bantuan Langsung Tunai (BLT), sebagai stimulan bagi masyarakat terdampak pandemi Covid19.

“Pasti akan sangat bermanfaat buat kita,” ucap salah satu keluarga penerima manfaat kepada awak media. (Samirun)

Komentar

Realita Lampung