oleh

Tim Opsnal Polsek Abung Selatan Ringkus Tiga Pelaku Curat di Keramat Teluk

LAMPUNG UTARA – Tiga orang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) yang terjadi di Dusun Keramat Teluk Desa Tanjung Iman Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara berhasil diringkus polisi. 

Kapolres Lampung Utara, AKBP Kurniawan Ismail, SH, S.IK, MIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Eko Rendi Oktama, SH, kepada media menjelaskan.

Peristiwa pencurian itu terjadi pada, Rabu 18 Januari 2023 sekira pukul 03.30 WIB, di rumah korban yang dilakukan oleh tiga orang pelaku, masing-masing berinisial DS, AR warga Desa Tanjung Iman dan PN warga Desa Jagang, Kecamatan Blambangan Pagar.

Setelah menerima laporan korban dengan aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Abung Selatan, bahwa dirinya kehilangan handphone dan iPad yang didalamnya terdapat aplikasi dan akun BRI LINK berisikan uang puluhan juta rupiah, aparat kepolisian setenpat langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan melakukan pendalaman. 

Alhasil dari serangkaian penyelidikan diperoleh informasi tentang keberadaan para terduga pelaku ada di wilayah Bandar Lampung. Selanjutnya unit opsnal Polsek Abung Selatan di backup Tekab 308 Presisi Polres Lampung Utara bergerak ke sasaran dan berhasil menangkap tiga orang terduga pelaku tersebut.

Kepada penyidik terduga pelaku berinisial DS mengakui mengambil barang milik korban, setelah membuka handpone ternyata ada aplikasi BRI LINK lantas membukanya dan tertera saldo senilai 40 juta rupiah. 

“Kemudian pelaku langsung memindahkan saldo tersebut sejumlah 20 juta rupiah dengan tiga kali transaksi menggunakan handpone satunya milik korban,” terang AKP Eko Rendi Oktama.

Saat ini ketiganya sedang dilakukan pemeriksaan di Polsek Abung Selatan dengan barang bukti yang disita berupa satu unit handpone merk samsung type A02s, satu unit iPad merk samsung tertera berisi uang 20 juta rupiah didalamnya, lain-lain terkait perkembangan nanti kita sampaikan, lanjut Kasat.

Lebih lanjut Kasat menuturkan, peristiwa tindak pidana itu terjadi ketika korban tengah istirahat tidur, dan ketika terjaga pada saat subuh harinya sekira pukul 03.30 WIB melihat handphone dan iPad miliknya sudah tidak ada lagi.

Di dalam handphone korban terdapat aplikasi BRI LINK, setelah dilakukan pengecekan melalui Bank BRI saldo uang milik korban sudah berkurang 20 juta rupiah.

Pelaku mengambil barang-barang milik korban melalui atap rumah dengan cara menggeser genteng atas kamar, kemudian pelaku menggunakan alat tongkat atau sengget untuk mengambil barang korban, jelas Kasat. (Budi Irawan)

Komentar

Realita Lampung