oleh

Lantik 453 PPS, Ketua KPU Tuba Minta Wujudkan Proses Kerja Berkualitas

TULANG BAWANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) melantik 453 orang panitia pemungutan suara (PPS).

453 orang PPS ini nantinya akan melaksanakan tugasnya di wilayah Kabupaten Tulang Bawang, dan pelantikan berlangsung di Aula Islamic Center Menggala pada, Selasa (24/1/2023).

Ketua KPU Tulang Bawang, Reka Punnata mengatakan, 453 anggota PPS tersebut yang berasal dari 151 Kampung dan Kelurahan dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Tulang Bawang.

Disampaikannya, KPU adalah lembaga penyelenggara pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri dalam melaksanakan pemilu. Wilayah kerja KPU meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam pelantikan tersebut Reka mengharapkan PPS bisa membantu KPPU untuk melaksanakan setiap tahapan program pemilu. Kemudian yang lebih penting adalah bagaiman bisa mewujudkan proses kerja-kerja pemilu yang berkualitas.

Lebih lanjutnya, tatakelola Pemilu 2024 yang akan datang, banyak sekali perbaikan sistem yang sudah dilakukan, diantaranya KPU terus mewujudkan kemandirian kelembagaan sebagai mana diatur oleh UUD 45 psl 22 e, bahwa KPU bersifat nasional, tetap dan mandiri.

Ketua KPU Tulang Bawang ini juga menambahkan agar tidak salah memahaminya, KPU Kabupaten/ Kota berwenang: menetapkan jadwal di kabupaten/kota; membentuk PPK, PPS, dan KPPS dalam wilayah. Menetapkan dan mengumumkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu anggota DPRD kabupaten/kota berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara di PPK dengan membuat rekapitulasi suara dan sertifikat rekapitulasi.

Pj Bupati Tulang Bawang, Drs. Qudratul Ikhwan, MM, mengucapkan selamat kepada PPS yang dilantik.

Pelantikan Anggota PPS merupakan salah satu tahapan penting, terutama dalam upaya menyiapkan seluruh personil yang akan terlibat dalam Pemilihan Umum serentak Tahun 2024 mendatang.

Kita meyakini, Pemilu bisa berjalan demokratis jika semua petugas dan elemen yang terlibat di dalamnya melaksanakan tugas, fungsi dan kewajibannya dengan baik, Profesional serta dapat berkoordinasi dan bekerjasama secara harmonis.

Anggaran pemilihan umum nantinya akan dilaksanakan oleh pusat, tetapi Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang akan membantu dan memfasilitasi apa yang dibutuhkan dalam proses pemilihan umum Tahun 2024 mendatang, kata Qudratul Ikhwan.

“Saya berharap PPS dapat membantu KPU Tulang Bawang hingga pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada di Kabupaten Tulang Bawang dapat berjalan sukses. Untuk itu, mari kita kembangkan sinergitas yang saling mendukung, dengan tetap berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku,” ucap Qudratul Ikhwan.

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Plus Kabupaten Tulang Bawang, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, Camat, Lurah serta Tokoh Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang. (Hadi Saputra)

Komentar

Realita Lampung