oleh

Seleksi Tilawati Qur’an Kabupaten Pesisir Barat Diikuti 282 Peserta

PESISIR BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat mengadakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-III tingkat Kabupaten Pesisir Barat tahun 2023 selama 3 hari, yang dimulai sejak tanggal 6 sampai dengan 8 Maret 2023.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Gedung Serbaguna Guna (GSG) Selalaw Labuhan Jukung, dengan mengusung tema “STQ Upaya Melestarikan Khazanah Budaya Islam di Bumi Para Sai Batin dan Ulama dalam Membangun Generasi Qur’anni yang Bermartabat Menuju Kabupaten Pesisir Barat yang Berkualitas”.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Pesisir Barat, A. Zulqoini Syarif, dengan diikuti oleh 282 peserta (142 putra, 140 putri) yang berasal dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat, Senin (06/03/2023)

Hadir pada kegiatan tersebut, Camat se-Kabupaten Pesisir Barat; Ketua LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat; Perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Pesisir Barat; Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kab. Pesisir Barat; Ketua DPRD Kab. Pesisir Barat; Segenap panita pelaksana; Para peserta STQ; dan para tamu undangan.

Dalam Laporan Ketua LPTQ Kabupaten Pesisir Barat, Jalaludin, yang diwakili oleh Ketua 1 LPTQ Audi Marpi, menyampaikan bahwa, diadakannya kegiatan STQ oleh Pemkab Pesisir Barat dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan sebagai ajang seleksi di tingkat Kabupaten yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat Provinsi dengan 6 cabang (Tilawah, Tahfizh, Tafsir, Khotmil Qur’an, MIQ (Monitoring Ibadah dan Al-Qur’an), Musabaqah Hafiz) yang akan dilaksanakan seleksi.

“Kami (Pemkab Pesisir Barat) mengadakan kegiatan STQ dengan harapan agar dapat menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an, serta untuk mendapatkan bibit-bibit terbaik putra-putri Pesisir Barat yang nantinya akan kami ikut sertakan dalam lomba di tingkat Provinsi, InsyaAllah bisa sampai Nasional dan juara”, ujar Audi Marpi.

Sementara itu, Wakil Bupati Pesisir Barat A.Zulqoini Syarif, mewakili pemkab Pesisir Barat mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap panitia dan hadirin yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir pada acara hari ini. Hal ini merupakan komitmen, dedikasi dan segala ikhtiar yang telah diberikan kepada para alim ulama, qori qoriah, hafizh- hafizhah serta seluruh peserta STQ yang ingin meningkatkan kualitas keagamaan mental dan spritual di Kabupaten Pesisir Barat.

“Pemkab Pesisir Barat memberikan kepercayaan penuh kepada para dewan juri dan panitia untuk bekerja secara profesional serta bertanggung jawab, karena dalam STQ ini selain mencari bibit- bibit yang akan mewakili Kabupaten Pesisir Barat di tingkat Provinsi, juga merupakan wahana untuk mengetahui sampai dimana penguasaan serta pengamalan akan akidah yang terkandung di dalam Al-Qur’an yang kemudian digunakan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari- hari yang nantinya akan membawa kemaslahatan umat khususnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat”, ujar Zulqoini.

Ia juga berharap, kegiatan STQ ini menghasilkan Saritilawah Al-Qur’an dan hadist terbaik yang nantinya bisa maju ketingkat Provinsi dan dapat menjadi kebanggaan seluruh masyarakat yang berada di Kabupaten Pesisir Barat ini.

“Harapan kami (Pemkab Pesisir Barat), semoga peserta seleksi STQ dapat meraih prestasi yang terbaik serta dapat membanggakan dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat, semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari Allah SWT”, tutup Zulqoini. (Noval)

Komentar

Realita Lampung