oleh

Anggota Ombudsman RI Hadiri Peresmian MPP Tubaba

Anggota Ombudsman Republik Indonesia Robert Na Endi Jaweng menghadiri peresmian mal pelayanan publik (MPP) di Gedung Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Tulang Bawang, Selasa (31/10/2023).

Pada peresmian MPP tersebut, turut hadir juga Kepala Perwakilan Ombudsman Lampung Nur Rakhman Yusuf, Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD Provinsi, Kepala OPD Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Robert menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Tulang Bawang Barat karena telah menerima dan melibatkan Ombudsman dalam peresmian MPP Tulang Bawang Barat,

“Saya telah banyak berkeliling Indonesia untuk melihat potret pelayanan publik di daerah, setelah melihat bentuk bangunan dan wawancara dengan petugas, Saya melihat Pemerintah Daerah Tulang Bawang Barat serius dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.

Menurut Robert, menjadi tugas kita bersama, Negara untuk menghadirkan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat, misalnya pelayanan di bidang jaminan sosial, kesehatan, dan pelayanan publik lainnya.

 “Dengan memberikan pelayanan publik yang baik, masyarakat akan bahagia. Saat ini juga harus kita rubah mindset ke arah yang baru, yang sebelumnya pejabat meminta dilayani menjadi melayani, karena pejabat publik adalah pelayan bagi masyarakat,” ungkap Anggota Ombudsman RI tersebut.

Pada akhirnya, lanjut Robert, pelayanan publik yang dilayani di MPP adalah pelayanan administratif, sementara pengawasan Ombudsman tidak hanya pelayanan administratif tetapi juga jasa publik dan barang publik,

“Ombudsman melalui Perwakilan Lampung juga menerima pengaduan masyarakat, bisa pelayanan di MPP atau instansi pemerintah lainnya, misalnya masyarakat mengadu karena tidak menerima pelayanan publik yang baik di bidang kesehatan,” paparnya.

Setiap tahun Ombudsman akan melakukan penilaian berupa Opini Pengawasan Pelayanan Publik di Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota,

“Pada tahun 2022, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung mendapatkan nilai sedang (zona kuning). Untuk tahun 2023, saat ini penilaian sedang diproses, dan nanti hasilnya akan diumumkan yang harapannya dihadiri oleh Bapak Presiden. Tapi dengan melihat kondisi gedung MPP, dan komitmen kita bersama, saya meyakini penilaian pelayanan publik di Tulang Bawang Barat akan naik menjadi tinggi (zona hijau),” tutupnya.