oleh

Diterpa El Nino, Pangan Lampung Utara Tetap Surplus 

Diterpan dampak el nino, stok pangan di Kabupaten Lampung Utara masih surplus meski hanya 3 ribu ton beras. Surplus angka ini walaupun merosot namun tetap dalam kondisi aman. 

Pada musim el nino hingga bulan  Oktober dan pertengahan bulan November Tahun 2023 ini, kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lampung Utara, Ilham Akbar, S.STP, MH, kondisi pangan masih dalam kondisi surplus. 

“Meski mengalami penurunan dan bisa dikatakan merosot, karena bisanya surplus bisa berada di angka 20 hingga 50 ribu ton beras, dan di masa el nino ini hanya 3 ribu ton, tapi pangan kita tetap surplus,” ujar Ilham Akbar di kantornya, Senin 13 November 2023. 

Dijelaskannya, angka surplus itu diperoleh dari tim penyuluh, luas lahan, masa panen dan penghitungan perhektar hasil panen dengan konsumsi masyarakat. Alhasil didapatkan angka surplus pada setiap panen atau tahun dari produksi hasil panen masyarakat. 

Selain itu, melalui dinas yang dipimpinnya tersebut, Ilham Akbar mengungkapkan pada Tahun 2023 ini sejak bulan Maret hingga November 2023 ada 48 miliar anggaran dari Pusat yang dialokasikan di Lampung Utara. 

Berita Terkait : Atasi Dampak El Nino, Petani Siap Tanam Padi Gogo  

Namun, angka itu bukan dalam bentuk realisasi dana tetapi dalam bentuk bantuan pangan ya itu beras dengan rincian 10 kilogram perkepala keluarga, ujarnya. 

Komentar

Realita Lampung