oleh

Arisan Keluarga, Sarno Ingatkan Lima Ilmu 

Sebagai upaya menjaga silaturahmi tetap terjalin antara anak keturunan dari Mbah Supawi dan Marzuki kembali melanjutkan acara arisan keluarga. 

Agenda pertemuan rutin keturunan keluarga Mbah Supawi ini dilangsungkan selama 6 bulan sekali. Seperti yang dilangsungkan dikediaman Rohmat dan Rukiah anak ke delapan dari sembilan bersaudara di Kelurahan Margo Dadi 25B, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro pada, Minggu 24 Desember 2023. 

Video Streaming : Arisan Keluarga, Sarno Ingatkan Lima Ilmu

Acara pertemuan yang dihadiri oleh anak-anak dan cucu-cucu dari sembilan bersaudara, ya itu Almarhumah Minah, Almarhum Suwarto, Kasni, Camo, Sarno, Sitah, Saryati, Rukiah, dan Katini, anak dari pasangan almarhum Mbah Supawi dan almarhumah mbah Marzuki.

Dalam pertemuan itu Sarno menyampaikan, tausiah keluarga dengan mengingatkan tentang lima ilmu dalam Islam yang harus disegerakan kepada saudara-saudaranya sebagai umat muslim.  

“Didalam agama Islam tidak boleh tergesa-gesa. Tetapi ada 5 hal yang harus disegerakan yaitu menjamu tamu, mengurus jenazah, membayar hutang dan bertaubat,” ujarnya.

Sholat merupakan perintah sang pencipta ya itu Allah SWT. Yang waktunya, hanya lima waktu dalam satu hari atau 1×24 jam. Kemudian menjamu tamu karena itu merupakan salah satu etika, budaya kita sebagai manusia yang harus menjaga silaturahmi antar sesama. 

Selanjutnya, mengurus jenazah, dalam pelaksanaan mengurus jenazah, umat muslim memandikan, mengkafani, menyolatkan, memakamkan hingga melakukan takjiah atau mendoakan almarhum atau almarhumah agar semua amal ibadahnya diterima dan kekhilafan semasa hidupnya diampuni oleh Allah SWT.

Lalu, jika mempunyai hutang, supaya secepatnya dibayar dan bertaubat. Taubat merupakan cara manusia bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan oleh sang pencipta kepada manusia. 

Ilmu-ilmu ini harus terus dipelajari, dijaga dan selalu ditanamkan dalam diri kita, karena kita sebagai umat beragama, terlebih dalam menjaga silaturahmi antar saudara, kata Sarno. 

Setelah sebelumnya pertemuan dilangsungkan dikediaman Ana anak dari Kasni di Rumbia, lalu acara berlanjut dikediaman Almarhum Suwarto di Kampung Sukajaya, Kecamatan Anak Ratu Aji, Lampung Tengah selama dua kali. 

Berlanjut dikediaman Sukmo anak dari Almarhumah Minah, dikediaman Risma anak dari Kasni, lalu dikediaman Jamal anak dari Sitah, dan dikediaman Kasni, kemudian di rumah Ayu anak dari Kasni. 

Pada Minggu 24 Desember 2023 acara pertemuan dilangsungkan dikediaman Rukiah, dan pertemuan selanjutnya diagendakan dikediaman Deka anak dari Camo yang tinggal di Kotabumi, Lampung Utara. (Sri Wahyuni) 

Komentar

Realita Lampung