oleh

Rutan Kelas II B Kotaagung Serahkan Remisi Khusus Natal Kepada WBP

Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Kotaagung menyerahan Remisi Khusus Natal bagi Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) yang dinilai berkelakuan baik, pada Senin (25/12/2023).

Video Streaming : Rutan Kelas II B Kotaagung Serahkan Remisi Khusus Natal Kepada WBP

Pemberian remisi khusus itu bertujuan untuk pemenuhan hak narapidana dan anak untuk sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Dan pemberian remisi juga merupakan suatu upaya untuk menanggulangi over kapasitas.

Sebagai wujud keterbukaan informasi pubik bagi masyarakat tentang pemenuhan hak narapidana dan Ruang Lingkup Pemberian Remisi Khusus Natal Tahun 2023 bagi WBP yang beragama nasrani.

Remisi itu berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, sebagaimana diubah dengan Peraturan pemerintah RI Nomor 99 Tahun 2012, tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 1999.

Dan juga Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 3 Tahun 2018, Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 7 Tahun 2022, tentang perubahan kedua atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 3 Tahun 2018.

Serta berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor PAS-UM.04 02-89 Tanggal 19 Desember 2023 tentang Acara Pemberian Remisi Khusus dan Pengurangan Masa Pidana Khusus Hari Raya Natal Tahun 2023 bagi Narapidana dan Anak Binaan.

Prosesi pemberian remisi dipimpin oleh Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kotaagung, didampingi oleh Jajaran Pejabat Struktural dan dikuti oleh Petugas dan WBP Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kotaagung.

Pembacaan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : PAS-2134 PK 05.04 Tahun 2023, Tentang Pemberian Remisi Khusus Natal 2023 dibacakan oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan J. M Prameswari.

Kepala Rutan Kota Agung Benny M.Saefuloh menyampaikan amanat dalam kegiatan penyerahan Remisi Natal Tahun 2023 dengan membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly.

“Dari 372 jumlah penghuni Rutan Kelas II B Kotaagung per 25 Desember 2023, terdapat 3 orang Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kotaagung yang beragama Nasrani. Namun hanya 1 orang yang memenuhi syarat mendapatkan remisi Natal 2023, sementara 2 orang lainnya belum memenuhi syarat karena statusnya masih tahanan dan 1 Orang WBP yang mendapat Remisi Khusus Natal Tahun 2023 dengan besaran 1 bulanan adalah Paulus Paijo bin Karso Utomo,” pungkas Benny M.Saefulah.

Kemudian dilakukan penyerahan Surat Keputusan Secara Simbolis oleh Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kotaagung kepada WBP penerima Remisi Natal 2023, Paulus Paijo. (Hadi Haryanto)

Komentar

Realita Lampung