oleh

Upacara HUT ke-27 Kabupaten Tanggamus, Pj Bupati Ungkap 7 Penghargaan

TANGGAMUS – Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT), Kabupaten Tanggamus ke-27, di Lapangan Merdeka Kotaagung pada Kamis pagi (21/3/2024), pukul 8.30Wib.

Video Streaming: Upacara HUT ke-27 Kabupaten Tanggamus, Pj Bupati Ungkap 7 Penghargaan

Dalam sambutannya Pj. Bupati mengatakan, Peringatan HUT yang bertema “Bakti Bersama Menuju Tanggamus Sejahtera”, merupakan puncak apresiasi daerah terhadap sejarah perjuangan pembentukan Kabupaten Tanggamus, yang di laksanakan setiap tanggal 21 Maret.

Sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1997, tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulang Bawang dan Kabupaten Daerah Tingkat II Tanggamus.

Peristiwa pada catatan sejarah menunjukkan, para pejuang pendahulu yang sangat berani melawan penjajah, memiliki semangat juang yang luar biasa dan gagah berani.

Semangat perjuangan tersebut tidak pernah Pudar, bahkan semangat itu yang ingin terus kita tanamkan di jiwa masyarakat Kabupaten Tanggamus, melalui sinergi, kerja berkualitas, saling membantu dan bergotong royong. Dengan fokus menjadikan Kabupaten Tanggamus yang makin maju, sejahtera dan berkelanjutan.

“Melalui tema ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tanggamus untuk bersama-sama manfaatkan segala potensi keberagaman budaya, adat istiadat serta agama maupun potensi SDM dan SDA yang ada, kita bersatu dan bergerak bersama untuk maju dan berprestasi dalam meningkatkan Pembangunan disemua sektor kehidupan, agar masyarakat Tanggamus dapat hidup sejahtera lahir bathin,” katanya.

Berdasarkan pencapaian pembangunan sepanjang tahun 2023 yang lalu dan awal 2024 ini Kabupaten Tanggamus berhasil memperoleh apresiasi berupa penghargaan atas prestasi yang diraih, antara lain :

  1. Penghargaan kabupaten Layak Anak kategori Nindya dari Kementerian PP-PA,
  2. Penghargaan Proklim Utama untuk Pekon Gisting Atas dari Kementerian LHK,
  3. Penghargaan Itegrated Sustainability Indonesia Movenment Of Regencies Dalam Pencapaian SDGs dari Bappenas dan APKAS,
  4. Penghargaan Juara II Tingkat Nasional Lomba Desa Wisata Nusantara Kategori Desa Berkembang untuk Pekon Kiluan Negeri dari Kemendesa dan PDTT,
  5. Penghargaan Inovation Goverment Award sebagai Kabupaten sangat Inovatif dari Kemendagri,
  6. Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham,
  7. Penghargaan Plakat Adipura Kategori Hutan Kota Terbaik untuk Hutan Kota Way Lalaan dari Kementerian LHK.

“Keberhasilan dan prestasi tersebut merupakan buah dari usaha dan kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan tentunya tidak terlepas dari dukungan, Partisipasi dan Doa dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tanggamus,” ujar Pj Bupati.

Pj. Bupati Ir. Mulyadi Irsan, menjelaskan, rangkaian acara peringatan HUT Tanggamus ke-27, dari bakti sosial operasi bibir sumbing, 29 pasien atas kerjasama dengan yayasan Umi Ramlah dan Smartfren dari Sumatera Selatan.

Pemeriksaan mata, 1000 warga masyarakat Tanggamus diperiksa, diberikan kacamata dan setelah Ramadhan akan dilanjutkan dengan operasi katarak hasil dari tindak lanjut pemeriksaan tersebut.

Acara Tanggamus Run yang bekerja sama dengan Lampung Hash House Harries Provinsi Lampung, yang kedepannya akan dibangun secara rutinitas kegiatan-kegiatan yang ada untuk menghidupkan suasana di kabupaten Tanggamus.

“Kemarin Paripurna istimewa di DPRD dan pagi ini upacara peringatan hari ulang tahun di lapangan merdeka, Alhamdulillah juga berjalan dengan khidmat, lancar dan nanti puncak terakhirnya setelah idul Fitri akan ada Tanggamus Expo, dengan paket lengkap hiburan sekaligus menjadi penutup dari rangkaian HUT tersebut,” jelas Pj.

Di penghujung sambutannya Pj. juga mengucapkan rasa terimakasih kepada semua masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, serta teman-teman Pers yang sudah bahu membahu melanjutkan pembangunan.

“Titip ke depan, lebih guyub ciptakan kamtibmas yang lebih sejuk supaya ada pembaruan daya saing ada keinginan masyarakat luar untuk berinvestasi di Tanggamus,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan Ziarah Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan di Kecamatan Kotaagung Timur.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal/BUMN/BUMD dan Dunia Usaha se-Kabupaten Tanggamus, Sekretaris Daerah Tanggamus, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Serta Camat se-Kabupaten Tanggamus, para Kepala Pekon (Pj), Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua DWP Tanggamus, Ketua dan Pengurus APDESI Kabupaten Tanggamus, para Veteran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Insan Pers dan Unsur Ormas se-Kabupaten Tanggamus.
(Hadi Haryanto)

Komentar

Realita Lampung