oleh

Gubernur Lampung Terima Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI

LAMPUNG SELATAN – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI Ke Provinsi Lampung di Gedung VIP Bandara Radin Inten II, Rabu (27/3/2024).

Kunjungan Komisi V DPR RI ini dalam rangka peninjauan infrastruktur dan transportasi, khususnya dalam rangka melihat kesiapan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2024/1445 H di Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal mengatakan Provinsi Lampung telah melakukan persiapan terhadap sarana dan prasarana angkutan lebaran 2024.

Ia menjelaskan juga telah melaksanakan rapat koordinasi, baik di tingkat daerah maupun nasional.

“Termasuk melaksanakan kegiatan ramp check kapal, pesawat, kereta api, bus antar kota antar provinsi (AKAP)/pariwisata, bus angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), termasuk sarana penunjang seperti garbarata dan lainnya,” ujar Arinal.

Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Lampung ini diketua oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

Arinal mengatakan pada angkutan penyeberangan Bakauheni-Merak, saat ini sudah siap untuk dioperasionalkan dalam penyelenggaraan lebaran tahun ini.

“Yang terdiri dari 7 dermaga dan 63 kapal siap operasi,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait arus mudik dan balik, telah dipersiapkan juga buffer zone Gayam, Jalan Lintas Tengah dan Rest Area Jalan Tol KM 20 B.

“Serta rumah makan Gunung Jati/3 Saudara di Jalan Lintas Timur untuk mendukung kelancaran di Penyeberangan Bakauheni-Merak,” katanya.

Arinal menyampaikan apresiasi terhadap Terminal Tipe A Rajabasa Bandar Lampung yang sudah dibangun pelataran parkingnya dengan rigid beton.

“Sehingga pelayanan diharapkan menjadi lebih bagus dan maksimal di masa lebaran tahun ini,” ujarnya.

Ia menuturkan BPJN Lampung telah memastikan kondisi jalan nasional tetap baik, mantap dan aman serta mengedepankan zero pothole (tanpa lubang) untuk angkutan lebaran 2024.

BPJN Lampung juga telah mempersiapkan sebanyak 11 posko sebagai pusat informasi, posko pelayanan, area istirahat dan juga tempat parkir sementara untuk memfasilitasi para pemudik serta untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan.

“Kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memberikan bantuan perbaikan jalan di Provinsi Lampung,” katanya.

Ia mengajak seluruh pihak terkait di Provinsi Lampung dalam bergandengantangan untuk antisipasi pada meningkatnya jumlah pemudik dan kondisi cuaca musim hujan yang masih cukup tinggi.

Namun Ia menuturkan telah disiapkan posko alat berat yang disiapkan dibeberapa titik daerah rawan banjir dan longsor.

“Pada lintas Tengah, Timur dan Barat Sumatera,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan mengatakan pada tahun 2024, musim mudik lebaran mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, besarnya potensi pergerakan masyarakat pada masa lebaran tahun 2024 ini, Komisi V menilai penting untuk mengawasi seluruh kegiatan yang ada disetiap simpul transportasi.

“Seperti terminal dan simpul transportasi lainnya demi mendukung pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Andi.

Andi menuturkan termasuk sejauh mana kesiapan pada Bandara Radin Inten II dalam mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur lebaran 2024.

Ia menyebutkan pihaknya juga akan melakukan kunjungan ke Terminal Rajabasa.

“Lalu bagaimana kesiapan simpul-simpul transportasi di Lampung seperti jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar dan Pelabuhan Bakauheni jelang lebaran 2024 yang setiap tahun selalu dipadati oleh para pemudik,” katanya.

Hadir pada acara itu diantaranya, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) K. M. Arsyad, Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu Eka Cahyadi, Direktur Utama Angkasa Pura II Agus Wialdi dan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto.(Adpim)

Komentar

Realita Lampung