oleh

Pengurus PWI Lampung Utara ; Narasumber Dipersilahkan Tanyakan Kartu Biru Oknum yang Mengaku Anggota PWI

Pengurus atau anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dibekali kartu anggota PWI dan masuk dalam formatur kepengurusan. Jika ada wartawan yang menggunakan atribut PWI atau mengatasnamakan anggota PWI saat menjalankan profesi peliputan maka narasumber berhak mempertanyakan kartu anggota PWI atau kartu biru yang bersangkutan.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Lampung Utara, Sastra Sudadi mengatakan, jika pihaknya saat ini tengah melakukan pembenahan internal keanggotaan.

“Tujuannya kedepan wartawan yang tergabung di PWI Lampura profesional dalam menjalankan profesi jurnalistiknya sesuai kode etik jurnalistik,” kata Sastra Sudadi di Balai Wartawan Effendi Yusuf pada, Sabtu (30/3/2024).

Diterangkannya bahwa semua anggota PWI Lampung Utara memiliki kartu anggota baik dia anggota penuh mau pun kartu calon anggota.

“Silahkan saja ditanya kartu anggotanya kalau ada wartawan yang datang dan mengatasnamakan juga dari PWI khususnya anggota PWI Lampung Utara, dan teman-teman PWI Lampung Utara juga tidak keberatan untuk menunjukan kartu identitas keanggotaannya jika diminta,”tl ujarnya.

Sastra menegaskan jika pihaknya pun sudah banyak mendengar laporan ada oknum yang mengaku dari PWI Lampung Utara.

“Begitu kita cek bukan anggota atau pengurus PWI Lampung Utara, jadi kita persilahkan saja kepada pihak narasumber yang merasa dirugikan atau resah untuk melaporkanya kepihak Kepolisian,” tegasnya.

Ditambahkannya, untuk menjadi anggota atau pengurus PWI tidak mudah ada tahapan dan telah diatur dalam PD/ART.

“Mau jadi anggota PWI ada tahapannya dari simpatisan, calon anggota, baru anggota penuh dan tentunya harus disertai dengan sertifikat sekolah jurnalistik dan uji kompetensi wartawan,” ucapnya.

Dia berharap dengan pemberitaan ini semua unsur baik pemerintahan, swasta, masyarakat dan lainnya memahami jika anggota atau pengurus PWI memiliki kartu anggota.

“Kalau ada yang mengaku dari PWI khususnya PWI Lampung Utara tapi saat ditanya kartu anggota PWI-nya tidak ada, berarti patut untuk dipelajari kembali dalam melayaninya. Tujuannya adalah lebih kepada menjaga marwah PWI,” pungkasnya. (PWI)

Komentar

Realita Lampung