oleh

O2SN Kecamatan Talang Padang, Sekdis Adi Gunawan ; Kita Akan Munculkan Putra-Putri Terbaik

Gelaran Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Tanggamus, melombakan 6 Cabang Olahraga (Cabor). Diharapkan perhelatan ini menghasikan bibit unggul yang akan membawa prestasi hingga tingkat nasional.

Agenda tahunan tersebut diikuti siswa-siswi dari 19 SD Negeri dan Swasta se-Kecamatan Talangpadang, berlangsung di SDN 1 Banding Agung. Kegiatan dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Adi Gunawan, pada Rabu (24/4/2024).

Prosesi pembukaan kegiatan dihadiri Kepala Kordinator Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (KSPLP) Talangpadang Agus Rohmanto, seluruh Kepala Sekolah se-Kecamatan Talang Padang, Pendamping dan dewan juri/wasit, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekola (K3S) Kecamatan Talangpadang Widarpo, Kepala SD Negeri 1 Banding Agung selaku tuan rumah, didampingi Sekretaris K3S Wira Zaki.

Kepada awak media, Sekdis Dinas Kemendikbud Tanggamus Gunawan, usai membuka langsung kegiatan kompetisi O2SN mengatakan, pada hari ini kita melaksanakan seleksi O2SN tingkat Kecamatan di Talangpadang.

“Kegiatan rutin tahunan ini sebagai salah satu cara untuk menggali potensi siswa berkaitan dengan olahraga di kecamatan ini, juga sebagai juri harus bisa memberikan penilaian terbaik dan sportifitas dijunjung tinggi,” jelas Adi Gunawan.

Lanjutnya, karena kita akan memunculkan salah satu putra-putri terbaik dari Kecamatan Talangpadang yang nanti tujuannya ikut kompetisi di tingkat Kabupaten, besar harapan saya dapat mewakili tingkat Provinsi bahkan bisa ke kancah Nasional, jadi harus benar-benar seleksi yang terbaik.

“Ini kan merupakan ajang mencari bakat, harus benar-benar selektif. Untuk Kabupaten Tanggamus pernah mewakili Provinsi Lampung O2SN tingkat nasional Cabang Olahraga (Cabor) pencak silat, tentunya kami bangga kepada atlit siwa dari SDN 1 Gisting Atas, seperti itu harapannya nasional, tahun ini juga kalau bisa ada siswa-siswi dari Kabupaten Tanggamus bisa masuk ke kancah nasional,“ harapnya.

Masih kata Sekdis, O2SN merupakan kegiatan nasional yang sifatnya rutin tiap tahun diadakan ada FLS2N. OSN dan O2SN dan lain-lain kegiatan rutinitas siswa yang selalu kita laksanakan.

“Untuk O2SN tingkat kabupaten kita laksanakan pada 29 Mei 2024 mendatang di Kecamatan Sumberejo, kompetisi FLS2N pada 30 April nanti di Talangpadang,” terang Adi Gunawan.

Heriadi, selalu Ketua panitia tingkat kecamatan kompetisi O2SN yang juga merupakan Kepala SDN 1 Singosari, menjelaskan, bahwa lomba ini berlangsung dua hari mulai hari ini Rabu 24 – Kamis 25 April 2024.

Dikatakan Heriadi, ada 6 cabor yang dilombakan meliputi, Bulutangkis, Karate, Pencak silat, Senam, Renang, dan Kit Atletik 40 meter, diikuti 19 Sekolah Dasar (SD) di Talangpadang. Sebagai motivasi atlit dari siswa-siswi berprestasi yang maraih juara 1,2 dan 3, kami berikan penghargaan Piala dan Piagam.

Sekiranya dikemudian hari kelak Piala dan Piagam tersebut bisa menjadi bekal anak-anak mendaftarkan diri ke SMP dengan jalur prestasi, bahkan kami berharap jika terus berprestasi sampai ke tingkat nasional anak-anak didik kami tentunya secara konsisten dan kontinyu sampai mereka menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan jalur prestasi tersebut mereka mudah masuk perguruan tinggi yang mereka sukai.

“Insya Allah termasuk menjadi pegawai negeri, atau sebagai atlet profesional, sebagai guru mereka seluruh murid-murid kami do’a kan yang terbaik. Selanjutnya peserta O2SN dua atlit cilik yang berhasil kami himpun,” tutupnya.

Sementara itu, salah seorang peserta O2SN, Aranta Alfa Tomi, siswa kelas V dari SDN 1 Talangpadang mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dia ikuti sebagai atlit senam.

“Tahun kemarin juara 1 di kabupaten dan mewakili Tanggamus ke Provinsi, semoga tahun ini dapat juara 1 di Tanggamus,” ujar Aranta berharap.

Angga Ahmad Satria, atlit Senam Lantai yang tercatat sebagai Siswa SDN 1 Sinar Semendo juga merasa senang dengan kegiatan ini.

Ditempat yang sama, Ketua K3S Kecamatan Talang Padang, Widarpo, melalui Sekertarisnya Wira Zaki mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan O2SN 2024 tingkat kecamatan.

Berikut Ini nama-nama pemenang O2SN Tingkat Kecamatan Talang Padang :

I. Cabor Atletik

Atlit Putra
Juara 1 Diki Firdaus murid SDN 1 Sinar Semendo
Juara 2 Muhammad Alif SDN 2 Suka Merindu
Juara 3 Agil Maulana SDN 1 Negeri Agung.

Atlit Putri
Juara 1 Zahrika Fadilla murid SDN 1 Negeri Agung
Juara 2 Alda Mawati SDN 1 Suka Merindu
Juara 3 Mutiara Dwi. SDN Suka Bumi

II. Cabor Badminton

Atlit Putra
Juara 1 Akila Hazat D. murid SDN 1 Banding Agung
Juara 2 Muhammad Rido SDN 2 Suka Merindu
Juara 3 Dafa Agus Stiawan SDN 1 Talangpadang

Atlit Putri
Juara 1 Helma Dewi SDN 2 Suka Merindu
Juara 2 Nabila Khoirunnisa SDN 1 Singosari
Juara 3 Syakira Zeze A. SD Muhammadiyah

III. Cabor Renang

Atlit Putra
Juara 1 Faeyza Aldefri murid SDN 1 Banding Agung
Juara 2 Rendra Aprilio SDN 2 Sinar Semendo
Juara 3 Maulana Sarif SDN 1 Way Halom

Atlit Putri
Juara 1 Zahra Aulia murid SDN 1 Way Halom
Juara 2 Rafani Naila A. SDN 1 Banding Agung
Juara 3 Naomi Khansa A. SDN 1 Singosari

IV. Cabor Senam Lantai

Atlit Putra
Juara 1 Aranta Alfatomi murid SDN 1 Talangpadang juara bertahan wakili Tanggamus 02SN ke Provinsi Lampung 2023
Juara 2 Aji Saputra SDN 1 Negeri Agung
Juara 3 Ahmad Zaki SDN 4 Talangpadang

Atlit Putri
Juara 1 Dwi Salwa Salsabila murid SDN 1 Negeri Agung
Juara 2 Kinara Ayu Azahra SDN 1 Talangpadang
Juara 3 Princes Vinizia Z. SDN 1 Banding Agung

V. Cabor Karate

Atlit Putra
Juara 1 Syarif Hidayatullah murid SDN 2 Banding Agung
Juara 2 M.Fatih Arafi SDN 1 Banding Agung
Juara 3 M.Gio Satria SDN 1 Talangpadang.

Atlit Putri
Juara 1 Feysia Cika Lansa murid SDN 1 Banding Agung
Juara 2 Nabila Amandita SDN 2 Banding Agung
Juara 3 Desta Aulia Putri SDN 1 Talangpadang

VI. Cabor Pencak Silat

Atlit Putra
Juara 1 Afreza Afriano murid SDN 1 Negeri Agung
Juara 2 Lintang Cahaya P. SDN 2 Singosari
Juara 3 M.Dafa Alrizki H SDN Kali Bening

Atlit Putri
Juara 1 Aliqa Cahya Adinda murid SDN 2 Banding Agung
Juara 2 Ninda Nabila SDN 1 Way Halom
Juara 3 Intan Nur Amelia SDN 1 Negeri Agung.(Azhimi)

Pewarta : Hadi Hariyanto