Bantuan Gerobak Sampah dan Biopori Dari PT PPI

Lampung Tengah – Kelurahan Bandar Jaya Barat, Kecamatan Terbanggi Besar, mendapatkan bantuan gerobak sampah dan biopori dari PT. PPI. Bantuan itu diberikan karena pengajuan permohonan dari Lembaga Keswadyaan Masyarakat (LKM) Kelurahan setempat, dan berkat gagasan Lurah Bandar Jaya Barat Pebri Eka Yanti, S.IP.

Dikatakan Kepala PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Cabang Lampung Suyanto, pihaknya pada hari Kamis (02/06) menyerahkan bantuan sebanyak 5 buah gerobak sampah dan 25 biopori untuk penyerapan air kepada Kelurahan Bandar Jaya Barat.

Bantuan tersebut dipaparkan Suyanto, sebagai bentuk keperdulian PT. PPI di wilayah Kelurahan Bandar Jaya Barat yang menjadi area kegiatan perusahaannya. Bantuan itu juga sebagai bentuk apresiasi PT. PPI, karena adanya proposal Kelurahan Bandar Jaya Barat kepada pihak managemen,

Dijelaskan Suyanto, Kelurahan Bandar Jaya Barat mengajukan proposal kepada managemen PT. PPI sejak 2 bulan yang lalu. Diakui Suyanto, pengajuan dalam proposal dengan yang diberikan saat ini tidak sama.

“Memang kemarin keterkaitan mengajukan proposal untuk bentor. Setelah kita sampaikan ke manegemen, untuk saat ini berupa gerobak sampah,” ujarnya.

Suyanto berharap, bantuan yang diberikan PT.PPI bermanfaat untuk masyarakat di Kelurahan Bandar Jaya Barat. Dan bantuan gerobak sampah yang diberikan dapat dirawat dengan baik.

Innovasi Lurah Bandar Jaya Barat Pebri Eka Yanti S.IP dalam usaha pengendalian dan penanggulangan sampah di wilayah tugasnya menuai reaksi positif. Kepala Lingkungan IV Kelurahan Bandar Jaya Barat Maryanto sependapat dengan program Lurah Pebri.

Menurut Maryanto, adanya bantuan gerobak dari PPI yang atas inisiasi Lurah Pebri sangat membantu untuk penanggulangan dan pengendalian sampah di Kelurahan Bandar Jaya Barat. Dengan adanya gerobak sampah, bisa mengurangi penumpukan sampah.

Kepala Lingkungan III Kelurahan Bandar Jaya Barat Mulyadi, SH mengapresiasi usaha penanggulangan dan penanganan sampah yang dilakukan Lurah Bandar Jaya Barat Pebri Eka Yanti. Mulyadi menilai, innovasi Lurah Pebri mencari terobosan penanganan sampah merupakan nilai plus.

“Karena saya pelajari dan saya ingat Lurah-Lurah sebelumnya tidak ada terobosan seperti ini. Sekecil apapun perbuatan itu dalam penangaan sampah adalah hal yang baik. Sebagai umat Muslim saya paham betul bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman,” tegasnya.

Kendati demikian, Mulyadi mengingatkan bahwa penanganan sampah harus melibatkan semua pihak. Karena penanganan sampah tidak cukup hanya seorang Lurah. Tanpa membina kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, program penanganan sampah sebuah omong kosong.

“Program yang dinginkan Bu Lurah bahwa Kota Bandar Jaya yang bersih dari sampah tidak akan terlaksana tanpa kerjasama semua pihak,” tandasnya.

Ditanya apakah bantuan gerobak sampah dari PT.PPI yang atas gagasan Lurah Pebri apakah bermanfaat? Mulyadi menilai, gagasan Lurah Pebri adalah sebuah solusi, daripada tidak melaksanakan apapun.

“Paling tidak untuk penanganan sampah yang sangat darurat, mungkin dapat dipergunakan semua masyarakat seperti yang telah disampaikan oleh Bu Lurah tadi,” ujarnya.

Masih kata Mulyadi, gerobak sampah sebenarnya untuk kondisi saat ini sudah agak tertinggal kalau untuk jangka panjang. Tetapi untuk penanganan sementara di lorong-lorong sempit sangat membantu. Karena mobilitas gerobak sangat tinggi.

“Karena bisa ditarik kesana kesini dengan menggunakan motor atau tenaga manusia,” pungkas Mulyadi.

Sementara itu, Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Gotong Royong Kelurahan Bandar Jaya Barat Jumanto mengatakan, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Lurah Bandar Jaya Barat Pebri Eka Yanti. Karena telah mendukung dan memberikan innovasi-innovasi kepada LKM.

“Yang akhirnya LKM dapat mengajukan permohonan kepada PT.PPI. Alhamdulilah PT.PPI memberikan bantuan 5 unit gerobak sampah dan biopori,” ujar Jumanto.

Dilanjutkan Jumanto, Biopori adalah alat peresapan air yang dapat mengurangi debit di genangan air sangat curah hujan yang tinggi. Ini semua berkat kegigihan Lurah Pebri dalam mewujudkan Bandar Jaya Barat menjadi berjaya selalu.

“Mudahan PT.PPI dapat menjadi Berjaya, dan Ibu Lurah Pebri juga Berjaya,” tutupnya.

Lurah Pebri Eka Yanti,S.IP mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pimpinan PT.PPI Cabang Lampung dan Pimpinan PT.PPI Bandar Jaya Barat. Karena telah memberikan bantuan berupa 5 unit gerobak sampah, dan 25 biopori.

“Mudah-mudahan semua pelaku usaha di Kelurahan Bandar Jaya Barat ikut berpartisipasi di Kelurahan Bandar Jaya Barat,” kata Pebri. (Willy Dirgantara)

Komentar